Connect with us

Ketik yang Anda cari

Hukum & Kriminal

Ketua Panitia Pilkades Ncandi Dilaporkan ke Polisi, Diduga Gelapkan Dana

Panitia Pilkades Ncandi, Saiful Rahman

Bima, Bimakini.- Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Ncandi Kecamatan Madapangga, DF, dilaporkan ke polisi oleh anggota panitia. Diduga DF menggelapkan dana Pilkades senilai Rp 39 juta lebih.

Salah seorang Panitia Pilkades Ncandi, Saiful Rahman, melaporkan ke Polres Bima Kabupaten terkait dugaan tersebut. “Kasus ini sudah dilaporkan ke polisi. Demi menjunjung tinggi azas keterbukaan informasi, “ ujarnya saat dikonfirmasi, Jum’at (4/1).

Kata Saiful, terungkapnya dugaan tersebut menyusul adanya reaksi anggota lainnya  mempertanyakan penggunaan dana Pilkades. Karena sepengetahuan anggota panitia, dana Pilkades masih tersisa. “Menyusul adanya dugaan tersebut. Sebagai anggota, kami memberitahukan ke Ketua BPD setempat agar memfasilitasi pertemuan guna melakukan klarifikasi,” terang Saiful.

Setelah Ketua BPD dihubungi untuk memfasilitasi pertemuan dengan semua unsur panitia Pilkades gagal, pihaknya mencoba untuk menghubungi lagi DF. Namun saat itu, Ketua BPD memberi sinyal agar permasalahan tersebut diselesaikan dengan secara kekeluargaan dan menyampaikan anggota lain.

“Ketua BPD sudah berupaya untuk menghubungi anggota yang lain. Namun tidak ada respon, sehingga Ketua BPD pun memberikan sinyal agar masalah tersebut tergantung keinginan saya,” jelas Saiful.

Diakuinya, sebelumnya pernah mendatangi kediaman Ketua Panitia Pilkades sekaligus membawa Rencana Penggunaan Uang (RPU). Nah, saat itu Ketua Pilkades berdalih sembari mengeluarkan kata – kata yang keras, tidak ada hak melakukan klarifikasi.

“Saya tidak berkutik apa – apa dihadapan Ketua panitia Pilkades. Setelah mendengar bahwa siap dibawa ke ranah hukum sekali pun. Sehingga hal itu menjadi dasar laporan saya di Polres Bima,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua BPD Ncandi, Suaeb H. Mahmud membenarkan munculnya masalah internal panitia Pilkades pascadilaporkan secara lisan oleh anggota panitia Pilkades atas nama Saiful Rahman. Menyusul hal itu, pihaknya menghubungi anggota panitia Pilkades lainnya.

Namun tidak satu pun yang respon atau mengindahkan.  “Setelah ada laporan lisan dari anggota panitia Pilkades tersebut. Saya menghubungi mereka, namun belum tidak aada respon sehingga klarifikasi tidak bisa dilakukan,” ujarnya.

Dirinya juga membenarkan bahwa kasus tersebut sudah dilaporkan ke pihak Polres. Hal itu dilakukan untuk mencari tahu kebenaran terkait aliran dana Pilkades.

“Saya sempat menyarankan agar masalah tersebut diselesaikan secara kekeluargaan. Karena muncul kesenjangan internal panitia Pilkades, masalah tersebut sudah dilaporkan ke polisi dan itu urusan mereka yang penting saya sudah sarankan agar mencari solusi terbaik,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pilkades Ncandi, DF yang dihubungi tidak ada respon. Nomor hand Phonenya aktif, namun tidak ada tanggapan. (YAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Kantor Desa Ncandi, Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima, diserang warga, Senin (26/9/2022). Pemicunya, dugaan selingkuh salah satu kaur desa setempat. Warga bahkan membakar...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, SE, Rabu (3/8/2022) melantik 57 kepala desa hasil pemilihan kepala desa bergelombang, Juli lalu. Pelantikan berlangsung...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Pasca-penyelenggaraan pemungutan Suara Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak  6 Juli 2022 lalu, Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri SE menggelar Silaturahmi  dengan...

Politik

Bima, Bimakini.- Pemilihan Kepala Desa Karumbu Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima, berlangsung aman dan damai. Yang ikuti kontestasi sebanyak lima calon yaitu Drs Arsyid, kedua...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Situasi Kamtibmas selama pencoblosan dan penghitungan suara pemilihan kepala desa di 57 desa di Kabupaten Bima berlangsung aman. Pencoblosan berlangsung Rabu 6...