Olahraga & Kesehatan

Kunjungan Menurun, Kader Posyandu di Bolo Dilatih

Pelatihan kader Posyandu.

Bima, Bimakini.- UPT Puskesmas Bolo melalui tenaga Promkes  kembali menggelar kegiatan pelatihan kader Posyandu tingkat Kecamatan Bolo di aula Puskesmas setempat, Sabtu (12/1). Kegiatan tersebut diikuti perwakilan Kader Posyandu yang ada di Kecamatan Bolo.

Evaluasi 2018, kunjungan Posyandu cenderung menurun, justeru kunjungan rawat jalan meningkat. Karena itu, adanya Kader Kader Posyandu yang sudah dilatih ini akan mampu meningkatkan kunjungan.

Kepala UPT Puskesmas Bolo, Nurjanah, SKep, menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan  hasil  analisa dan kajian Programer yang melaksanakan Posyandu. “Pelatihan ini merupakan tindak lanjut analisa dan kajian Programer,” ujarnya.

Sebanyak 59 Posyandu yang ada di kecamatan Bolo, baru sebagian kader yang dilatih. Sehingga  akan mendapatkan wawasan dan keterampilan yang sama, sehingga kegiatan Posyandu di masing – masing desa bisa maksimal.

Nurjanah menambahkan, kegiatan Posyandu merupakan bagian dari pemberdayaan masyarakat. Tugas fungsi dan tanggung jawab ini sangat erat dengan wawasan kader kader posyandu.

“Kami dari Puskesmas tidak akan bisa bekerja dengan maksimal tanpa ada informasi dan laporan dari kader yang ada di setiap desa,” ungkap Nurjanah.

Dengan adanya pelatihan ini, peserta diharapkan bisa memberikan  intervensi kesehatan  secara mandiri di masing-masing. Apalagi pelayanan tidak hanya bagi Balita, namun juga hingga  Lansia. (YAN)

Share
  • 11
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top