Ekonomi

Lima Tahun Rusak Total, Irigasi Seli Dena akan Diperbaiki

Bima, Bimakini.- Daerah Irigasi (DI) Desa Dena akan diperbaiki Tahun 2019 ini. Hal itu dipastikan setelah disurvei oleh Tim Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Bima di lokasi setempat, Senin (28/1) kemarin.

Kepala Desa Dena, Syamsuddin HAR membenarkan perbaikan DI tersebut akan terwujud di Tahun 2019 ini. Hal itu berdasarkan informasi dari Tim yang hadir menyurvei kerusakan di lokasi.

“Insya Allah daerah irigasi tersebut akan diperbaiki. Yakni khusus pada saluran induk daerah irigasi yang sudah lama rusak total sejak Tahun 2013 lalu,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (29/1).

Terkait dengan kerusakan saluran induk tersebut lahan sekitar 50 hektare tidak maksimal dimanfaatkan petani. Yakni lahan di Soo Ruhu, Bada Tebe Desa Dena dan sebagian lahan Pertanian di Desa Tonda.

“Dampak kerusakan tersebut. Lahan awalnya menjadi persawahan. Sekarang menjadi lahan tadah hujan,” ungkapnya.

Selama kerusakan, berbagai cara dilakukan petani. Namun apa yang dilakukan tidak mampu bertahan lama. Bahkan pernah ingin dibantu oleh Pemerintah Kabupaten Bima dengan anggaran Rp 100 juta. Karena anggaran minim tidak sesuai dengan bentuk kerusakan, terpaksa ditolak.

“Kita juga ingin mengalokasi lewat Dana Desa, itupun mustahil. Karena kerusakan tersebut bakal menghabiskan anggaran sekitar Rp 400 juta,” katanya.

Dia berharap kerusakan tersebut secepatnya diperbaiki. Sehingga lahan pertanian di sekitar dapat dimanfaatkan secara maksimal.

“Semoga pembangunan itu cepat terwujud. Demi mengembalikan kondisi lahan di wilayah setempat,” pungkasnya. (YAN)

Share
  • 77
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top