Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Malam Pergantian Tahun, Remaja Masjid Rasabou Adakan Haflah Al – Qur’an

Bima, Bimakini.- Momentum pergantian tahun, Ikatan Remaja Masjid (Irmas) Desa Rasabou, Kecamatan Bolo menggelar haflah Al – Qur’an dengan melibatkan 12 Qori dan Qori’ah Nasional maupun Internasional di Masjid As – Su’ad, Senin (31/12) malam.

Hadir Camat Bolo, Muspika, Badan Kominikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Bima dan Dompu, Ketua MUI dan LPTQ Kecamatan Bolo, Alim Ulama, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat.

Ketua Panitia, Imam Muslim, menyampaikan, kegiatan ini untuk mengubah kebiasaan generasi muda yang sebelumnya berhura – hura saat merayakan pergantian tahun. Sehingga adanya haflah Al – Qur’an ini termotivasi untuk belajar Al Qur’an sekaligus tumbuh kembangnya generasi yang berakhlaqul qorimah.

Kata dia, kegiatan ini terlaksana karena adanya dukungan BKPRMI Kabupaten Bima dan Dompu. “Kami juga berterima kasih atas dukungan Pemerintah Desa Rasabou dan Pemerintah Kecamatan Bolo yang telah berperan aktif memfasilitasi hingga terlaksananya kegiatan ini dengan baik sehingga berjalan aman dan tertib. Sekaligus kepada para Qori dan Qori’ah serta seluruh elemen tidak lupa disampaikan terima kasih yang amat dalam,” tutur Imam Muslim.

Disampaikannya, kegiatan ini telah disiapkan selama satu bulan. Dana yang terkumpul dari berbagai sumber sekitar Rp 15 juta.

Ketua BKPRMI Kabupaten Bima, Muhammad Irfan, ST, M.Eng, menyampaikan, kegiatan ini patut diapresiasi bersama karena positif untuk mengubah perliaku hura – hura saat pergantian tahun masehi. Padahal kebiasaan itu mengikuti orang – orang majusi dan nasrani. “Meniup terompet adalah ritual Yahudi, pesta kembang api dan mercun adalah kebiasaan orang – orang majusi sedangkan memakai topi kerucut merupakan topi pemurtadan, itu adalah kebiasaan agama lain tidak pantas kita tiru,” terang Irfan.

“Meniup terompet dan lainnya adalah tradisi agama lain. Kita harus menjauhinya agar tidak terjerumus di lembah yang penuh dosa,” lanjutnya.

Dirinya berharap, kegiatan haflah ini mampu mengubah karakteristik negatif generasi saat ini. “Mari jadikan kegiatan haflah Al – Qur’an ini sebagai wadah untuk mengubah diri. Yakni dari hal – hal yang buruk menuju generasi yang berakhlaqul qorimah,” tutup Irfan.

Camat Bolo, Mardianah, SH, mengapresiasi sekaligus bangga atas terlaksananya kegiatan haflah Al qur’an. Karena momentum tersebut sekaligus bisa dijadikan ajang silaturahmi antarsesama. “Saya sangat bangga dan mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Irmas. Sepantasnya harus kita dukung bersama,” ujarnya.

Lanjut dia, mestinya para generasi muda termotivasi untuk belajar Al – Qur’an. Karena kegiatan ini bukan sekedar seremoni belaka, akan tetapi wadah untuk instropeksi diri. “Tinggalkan kebiasaan lama. Mari isi kehidupan dengan memaknai kandungan Al – Qur’an,” ajaknya.

Juga mengajak untuk tidak cepat percaya dengan informasi yang tidak jelas sumbernya atau Hoax. Terutama yang banyak muncul di media sosial (Medsos). “Gunakan Medsos dengan baik untuk kerukunan umat, baik antara sesama mapun antaragama,” ujarnya.

Camat juga menyampaikan permohonan maaf atas ketidakhadiran Bupati Bima, karena menghadiri kegiatan serupa. (YAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Opini

Oleh Munir : Caleg PKS DPRD Kota Bima Dapil 4 Asakota Tidak terasa begitu cepatnya rotasi waktu dirasakan, tahun 1444 Hijriyah telah berlalu dan  tahun...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.-  Penampilan dua Qori Internasional, Ustadz  Ahmad Khairi Nufandra, SH asal Sulawesi dan Ustazah Mastia Lestaluhu dari Maluku memukau saat acara Festival...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Polres Bima Kota menerjunkan personel untuk mengamankan kegiatan Festival Haflah Al Quran dan Istighosah memeringati 1 Muharram 1445 H di lapangan...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Puluhan ribu warga menghadiri Festival Haflah AlQuran dan Istighosah di lapangan Manggemaci, Selasa 18 Juli 2023. Haflah Al Quran diikuti 37...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- PLH Sekretaris Daerah Kota Bima menggelar rapat dengan sejumlah Panitia Pelaksana kegiatan Istighosah dan Festival Haflah, Pada Kamis, 22 Juni 2023...