Politik

Pemdes Bugis Minta Pilkades Dilanjutkan

Drs Sirajuddin, MAP

Bima, Bimakini.- Seperti apa perkembangan pemilihan kepala Desa serentak yang digelar di Desa Bugis, Kecamatan Sape, Kabupaten Bima yang sempat dibatalkan oleh calon Kepala Desa beberapa waktu lalu? Rupanya Pemerintahan Desa (Pemdes) Bugis telah mengurungkan untuk menunda dan berencana akan melanjutkan Pilkades dalam waktu dekat.

“Pemerintah Desa Bugis, Kecamatan Sape, tadi telah mengajukan surat berita acara kesepakatan meminta Pilkades dilanjut tanggal 16 Januari 2019,” jelas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes) Kabupaten Bima Drs Sirajudin AP, MM, Rabu (8/12).

Kata dia, berdasarkan kesepakatan bersama Calon Kepala Desa, Panitia Pilkades dan BPD, telah dibuatkan kesepakatan untuk mencabut kembali berita acara yang sempat ditandatangani.

“Memang dalam hal terjadi penundaan, BPD mengajukan surat kepada Bupati, sebagai mana diatur dalam pasal 40A Perda No. 5 tahun 2018 perubahan atas Perda No 2 tahun 2015 tentang Pilkades,” jelasnya.

Kata dia, pengajuan surat untuk melanjutkan Pilkades ini, tidak menunggu keputusan dari DPMDes Kabupaten Bima. Namun  keputusannya kembali kepada Bupati dan Wakil Bupati Bima.

“Mereka meminta Pilkades di lanjut tangan 16 Januari 2019. Saya ajukan surat kepada Bupati Bima untuk ditelaah dan dipelajari,” kata dia.

Dia mengaku, penundaan saat itu bukan kehendak Panitia maupun pihaknya, namun itu karena kesepakatan calon kepala desa.

“Berdasarkan regulai tidak ada Pilkades yang dilaksanakan sendiri, semuanya harus serentak,”  ujarnya. (MAN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1
Share
  • 65
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top