Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Sempat Putus, Akses Internet Normal Setelah Angin Kencang

Bima, Bimakini.- Angin kencang yang melanda Kecamatan Donggo beberapa waktu lalu, disamping merusak rumah warga dan fasilitas umum lainnya. Juga menyebabkan koneksitas internet Jaringan  Komunikasi Daerah (JARKOMDA) Kabupaten Bima terputus.

Kepala Dinas Kominfostik Kabupaten Bima, H. Abdul Wahab H. Usman, SH, MSi, meminta Tim Technical Support JARKOMDA melakukan pemeriksaan lapangan, Sabtu (26/1).

Ketua Tim, Muhammad Irfan, ST.,M.Eng, membenarkan  bahwa Radio Wireless di tower Desa Kala Kecamatan Donggo mengalami pergeseran posisi.

“Tiga Radio Wireless yang kami pasang, semuanya bergeser arah sehingga jaringan terputus. Alhamdulillah saat ini sudah kembali normal,” tutur Irfan.

Kata Irfan, Desember 2018 lalu, Dinas Kominfostik Kabupaten Bima telah membangun JARKOMDA untuk mengatasi persoalan akses internet di Kecamatan Bolo, Donggo, Soromandi dan Ambalawi. Untuk itu Dinas kominfostik telah membangun tower utama di Desa Kala Kecamatan Donggo.

Kabid PTIK Dinas Kominfostik, Drs. Muhammad, membenarkan bahwa di Desa Kala telah dibangun tower.

“Tower di Desa Kala  direncanakan untuk menyalurkan akses internet di kecamatan Bolo, Donggo, Soromandi, dan Ambalawi. Alhamdulillah sudah berhasil,”  ucap Muhammad.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Pada bulan yang sama,  Dinas Kominfostik Kabupaten Bima juga telah membangun tower di Kantor Camat Lambu. Kasi Infrastruktur TIP selaku Ketua Tim Tecnical Support JARKOMDA Kabupaten Bima.

“Tower di Kantor Camat Lambu dipersiapkan untuk menerima pancaran signal internet dari Kantor Camat Sape yang direncanakan pada awal tahun 2019,” pinta dia.

Sementara itu   Kadis Kominfostik Kabupaten Bima, Abdul Wahab, menjelaskan, secara perlahan infrastruktur JARKOMDA Kabupaten Bima (Radio Wireless) bersama Paket Program Indihome dan Mangosky Telkom di tahun 2019 direncanakan bisa melayani internet di 18 (delapan belas) Kantor Camat se-Kabupaten Bima.

“Kita rencanakan tahun 2019 ini seluruh akses internet di 18 kecamatan bisa masuk dan melayani kebutuhan birokrasi Pemerintah Kabupaten Bima dengan Program JARKOMDA Kabupaten Bima serta Indihome dan Mangosky Telkom. Mudah-mudahan, mohon do’anya semoga sukses,” imbuhnya. (YAN)

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Jakarta, Bimakini.-  Sejak 2018, Southeast Asia Freedom of Expression Network (SAFEnet) memberikan perhatian lebih pada isu hak-hak digital. Seiring dengan kian tergantungnya kehidupan sehari-hari...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Ketua RT 06 Kelurahan Panggi, Kecamatan Mpunda, Kota Bima, Abdul Sahir,  menyumbangkan gajinya untuk pemasangan wifi gratis dan penataan lingkungan. Pemasangan...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten Bima, menyesalkan aksi penyegelan tower di Desa Tambe, Kecamatan Bolo, beberapa waktu lalu. Pemerintah Desa...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Dinas Kominfostik Kabupaten Bima mendata sedikitnya ada 22 kampung di Kabupaten Bima, yang belum memiliki sinyal komunikasi seluler atau disebut blank spot....

Pemerintahan

Bima, Bimakini.-  Jaringan Base Transceiver Station (BTS) yang ada di Desa Sampungu, Kecamatan Soromandi, Kabupaten Bima, menggunakan kualitas teknologi generasi kedua telepon seluler (2G)....