Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

2.800 Lebih Tabungan BNI Teridentifikasi Diskimming

Muhamad Amir

Kota Bima, Bimakini.- Sedikitnya ada 2.800 lebih tabungan yang teridentifikasi telah diskimming oleh peretas sejak satu pekan terkahir.  Ribuan tabungan ini diketahui melakukan transaksi pada tiga ATM BNI yang diduga telah dipasangi alat skimming card.

Tiga mesin ATM, kata dijelaskan Kepala Cabang BNI 46 Bima, Muhamad Amir, di SPBU Penatoi, Arta Bima Mall dan di ATM BNI Syariah.

Dari tiga ATM tersebut jelas Amir, diduga dipasang tepat di mulut tempat mesin ATM dimasukkan. Kemudian data kartu ATM nasabah akan terekam dengan sendirinya.

“Dari situlah para pelaku juga akan mengetahui nomor PIN yang dipencet oleh nasabah di tombol keypad menggunakan kamera sangat kecil yang tersimpan,” papar Amir kepada wartawan kemarin.

Munculnya dugaan, bahwa transaksi yang dilakukan ditiga ATM tersebut dibobol karena sebelumnya telah mengamankan alat skiming card.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Aksi mereka saat itu tidak berlanjut. Kami menilai itu kejahatan yang gagal. Tapi bisa saja, sudah ada data yang terekam,” ungkap Amir.

Sejak menerima laporan nasabah yang kehilangan uang tabungannya, BNI langsung memblokir ribuan rekening. Setelah memastikan semuanya aman, secara bertahap semua rekening akan diaktifkan kembali dengan mengganti nomor rekening dan kode pin ATM nasabah.

Keamanan lebih ekstra juga diberikan pada SPBU. Termasuk, mulai menggencarkan sosialisasi kepada seluruh nasabah untuk bertransaksi aman menggunakan ATM. (IQO/DED)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.-  Nasabah BNI Cabang Bima, Arifin H Makka memertanyakan uang tabungannya senilai Rp 50 Juta yang raib sejak tahun 2017 lalu.  Hingga...

Ekonomi

Kota Bima, Bimakini.- Setelah sempat heboh dengan raibnya ratusan juta uang nasabah Bank Negara Indonesia (bni) 46 Cabang Bima akibat kejahatan Skimming Card, kini...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Bank Negara Indonesia 46 Cabang Bima Nusa Tenggara Barat (ntb) akhirnya mengganti uang para nasabah yang hilang sejak Selasa (29/1). Total...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Polisi akan membentuk tim khusus untuk menindaklanjuti kasus kejahatan skimming card yang menyebabkan ratusan juta uang nasabah BNI Bima raib. “Kami...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Puluhan nasabah mendatangi Bank Nasional Indonesia (BNI) Cabang Bima, Selasa (29/1), kehilangan uang di rekening. Mereka mengaku saldo rekeningnya tetiba raib...