Connect with us

Ketik yang Anda cari

Hukum & Kriminal

Angka Kriminalitas di Bima Masih Tinggi

Kapolda NTB, Irjen Pol Drs Achmad Juri, M.Hum

Kota Bima, Bimakini.- Januari 2019, tercatat kasus  yang ditangani kepolisian wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) menurun dibandingkan sebelumnya. Meski  terjadi penurunan hingga 75 persen di NTB, namun  untuk wilayah Bima, masih tinggi.

Hal itu diungkapkan Kapolda NTB, Irjen Pol Drs Achmad Juri, M.Hum saat silaturrahmi dengan unsur FKDP Kota Bima, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, di Mapolres Bima Kota, Jumat (8/2).  Hadir juga Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi, SE, Ketua DPRD Kabupaten Bima, Murni Sucianti.

Kapolda mengajak, agar semua komponen mau bekerjasama menghilangkan stigma yang ada. Agar orang datang ke Bima merasa aman dan nyaman. “Sekarang bagaimana menghilangkan stigma yang pernah ada. Bagaimana menampilkan Bima sebagai sesuatu yang baru,” ujarnya.

Diyakininya, jika potensi konflik dan kriminalitas dapat direduksi, terutama bagi generasi muda dengan mencari solusi tanpa kekerasan, maka  Bima akan aman. Penyelesaian masalah dengan musyawarah menjadi penting, seperti  halnya dalam kasus sengketa tanah.

“Penyelesaian sengeketa bisa tanpa kekerasan, dengan musyawarah. Penyelesaian secara musyawarah itu harus ditularkan dan perlu disosialisasikan kepada masyarakat. Apalagi masih saudara,” ujarnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Tingginya masalah sengketa, kata dia, masih dirasakan di  Kota dan Kabupaten Bima.

Selain itu, Kapolda menilai masih ada masyarakat yang meluapkan ketidakpuasan dengan aksi demi. Baik ketika kasus sebelum maupun sesudah  diungkap.

“Diungkap polisi didemo dan tidak diungkapkan didemo. Misalnya curanmor, ditangkap warga ribut dan sebaliknya. Itu saya dapat laporan dari Bima,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Bima Kota, AKBP Erwin Ardiansyah, SIK, MH  menyampaikan, situasi keamanan di wilayahnya saat ini, aman dan terkendali. Saat ini memiliki 673 personel Kota Bima atau rasio 1 : 510. “Saat ini ditangani 860 kasus, mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. Ini bukan kebetulan, tapi hasil kolaborasi dengan seluruh unsur masyarakat,” pungkasnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Pada kesempatan itu, Kapolda NTB meresmikan radio berbasis internet milik Polres Bima Kota. (IAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Kapolda NTB, Irjen Pol Raden Umar Faroq, berkujung ke Kota Bima untuk memastikan situasi pascapemungutan suara. Kapolda meminta tetap menjaga situasi...

Pemilu Serentak 2024

Kota Bima, Bimakini.- Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB), Irjen Pol Drs. Raden Umar Faroq, S.H, M.Hum,  mengajak seluruh personel Polres Bima Kota untuk menjaga...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB), Irjen Pol. Raden Umar Faruoq, S.H. M. Hum, melaksanakan kegiatan bhakti sosial dengan meresmikan Rumah Sejahtera...

Pemilu Serentak 2024

Kota Bima, Bimakini.- Untuk menjaga stabilitas dan kondusifitas daerah dalam menyambut Pemilu 2024, Penjabat (Pj) Wali Kota Bima Ir. H. Mohammad Rum, MT bertemu...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- “Perlu kesadaran dan tanggung jawab bersama untuk tetap menjaga situasi harmonis dan damai,” ungkap Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) NTB Irjen. Pol. Drs. Djoko...