Olahraga & Kesehatan

Antisipasi DBD di Desa Leu, Sejumlah Tempat Dibersihkan

Bima, Bimakini.- Menanggulangi penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kecamatan Bolo, Tim UKM (Upaya Kesehatan Masyarakat) Puskesmas Bolo bersama Aparat Desa Rasabou, Koramil Bolo, melakukan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Kegiatan dilakukan di rumah – rumah dan halaman di Desa Rasabou Dusun Leu, Selasa (12/02).

Rupanya banyak ditemukan jentik nyamuk di tempat-tempat seperti kaleng atau barang -barang bekas yang bisa menampung air.

Kepala UPT Puskesms Bolo, Nurjanah, S.Kep mengatakan, dalam penanganan DBD, peran serta masyarakat untuk menekan kasus ini sangat menentukan. Oleh karenanya program PSN dengan cara 3M Plus perlu terus dilakukan secara berkelanjutan sepanjang tahun.

“PSN ini tanggung jawab semua pihak. Bukan saja tanggung jawab tim kesehatan,” tutur Nurjanah.

Khususnya pada musim penghujan, langkah yang harus dilakukan, yakni menguras dan menyikat dinding tempat penampungan air seperti bak mandi/WC, drum dan lainnya yakni seminggu sekali.

“Tidak saja itu, tapi menutup rapat-rapat tempat penampungan air seperti gentong air/tempayan. Mengubur atau menyingkirkan barang-barang bekas yang dapat menampung air hujan seperti kaleng bekas, ban bekas, botol bekas dan lainnya,” terangnya.

Dia mengajak semua elemen sama sama menerapkan perilaku hidup bersih, sehat dalam kehidupan sehari hari. untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman. (YAN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 46
    Shares
To Top