Ekonomi

Bantuan Rastra 2019, Mulai Disalurkan

Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, SE saat melepas penyaluran Rastra 2019, Jumat.

Bima, Bimakini.- Bantuan Sosial (Bansos) Beras Sejahtera (Rastra) bagi Kelompok Penerima Manfaat (KPM) di Wilayah Kabupaten Bima Tahun 2019 mulai disalurkan. Bantuan tersebut secara simbolis diserahkan oleh Bupati Bima Hj  Indah Dhamayanti Putri SE pada 10 KPM di Gudang Bulog di Desa Bolo, Jumat (8/2).

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bima, Salahuddin, SH, MSi menyampaikan, bahwa tahun ini Pemkab bersama Bulog meyalurkan bansos Rastra kepada KPM. Untuk Tahun 2019 ini Rastra yang akan disalurkan kepada 39.995 KPM. Dengan total bantuan sebanyak 399 ton lebih.

“Setiap KPM mendapatkan bantuan sebanyak 10 kg per bulannya,” ujar Salahuddin.

Kata dia, Rastra yang disalurkan ini dalam rangka menguragi beban pengeluaran KPM. Selain itu, penyaluran ini merupakan bantuan sosial yang disalurkan oleh Pemerintah bekerjasama dengan Bulog untuk KPM dalam bentuk beras. Sehingga dari bantuan tersebut dapat meningkatkan ketahanan pangan di tingkat KPM. Sekaligus sebagai mekanisme perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan.

“Bantuan ini sebagai salah satu untuk meningkatkan kesejahteraannya masyarakat,” terangnya.

Lanjut dia, dalam rangka memberikan kemudahan bagi KPM, kedepanya pemerintah akan memberikan kartu yang bisa dicairkan di warung yang sudah di tunjuk oleh pemerintah seperti di E-Warung yang di kelola oleh BUMDes.  Dan langsung di belanjakan  untuk sembako, lauk pauk.

“Kedepan setiap KPM diberikan kartu untuk setiap pembelianya sebesar Rp 110 ribu,” ungkapnya.

Hal senada disampaikan oleh Kepala Sub Divisi Regional Bulog Bima, Harisun. Bahwa tahun ini jumlah stok beras untuk masyarakat Kabupaten Bima relative aman sebesar 7 ribu ton. Stok tersebut disimpan di Gudang Bulog. Sehingga apabila pemerintah membutuhkan beras untuk menyalurkan pada masyarakat kebutuhan tetap tersedia.

“Tugas kami selaku penyediaan barang untuk disalurkan ke KPM,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri, SE menyampaikan bahwa Penyaluran  Rastra untuk Rumah Tangga Miskin bertujuan untuk memperkuat ketahanan pangan. Oleh karena itu, pemberian beras untuk keluarga miskin diharapkan dapat meningkatkan ketahanan pangan. Memberikan perlindungan pada keluarga miskin melalui pendistribusian beras maksimal 10 kg/KK/bulan.

“Semoga bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik. Untuk pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari,” ujarnya.

Kata dia, Penyaluran beras sejahtera ini merupakan tanggung jawab bersama. Sehingga selaku kepala daerah mengharapkan bantuan kepada masyarakat, pihak keamanan, camat agar dapat mengawal penyaluran beras sejahtera ini. Sehingga kedepannya beras sejahtera tersebut dapat diterima oleh masyarakat yang membutuhkannya.

“Beras tersebut harus benar-benar sampai ke penerima dengan baik. Sesuai jatah yang mereka terima,” terangnya

Dia berharap dengan adanya bansos penyaluran beras sejahtera ini,  dalam rangka membantu warga masyarakat yang masuk kedalam katagori keluarga miskin. Agar dapat diberikan bantuan beras, untuk kebutuhannya sekaligus tepat sasaran. Karena keberadaan beras sejahtera ini sangat dibutuhkan bagi Keluarga Miskin dalam pemenuhan hidupnya.

“Bantuan tersebut disalurkan untuk warga miskin. Dan harus dipastikan jatah yang mereka terima tak boleh kurang setiap bulannya,” pungkasnya. (YAN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 5
    Shares
To Top