Ekonomi

Bima Siapkan Lahan Bawang Putih untuk Dukung Swasembada Nasional

Bima, Bimakini.- Untuk mendukung Swasembada Pangan Nasional, Pemerintah Pusat melalui  APBN Tahun 2019 akan mengembangkan penanaman Bawang Putih dengan luas 100 hektar di Kabupaten Bima. Pemerintah sendiri menargetkan Program Swasembada Pangan Nasional diseluruh Indonesia sampai tahun 2022 bahkan sampai 2025.

“Hal ini untuk mengurangi impor komoditi Bawang Putih yang sampai saat ini masih terus mendapatkan pasokan dari negara luar,”  ujar Kepala Dinas Pertanian melalui Kabid Hotikultura, Syahrial SP, Rabu (13/02).

Kata dia, untuk mendukung pengembangan komoditi Bawang Putih di Kabupaten Bima, Dinas Pertanian sudah menyiapkan lahan sesuai alokasi anggaran yang diberikan.

“Lahan sudah kita siapkan bahkan ada 1.925 Hektar lahan kita yang cocok untuk pengembangan penanaman Bawang Putih itu,” terangnya.

Hanya saja, sambung dia, saat ini masih menunggu realisasi anggaran. Lahan atau kawasan yang cocok penanaman bawang di enam wilayah kecamatan yaitu, Lambitu, Wawo, Langgudu, Donggo, Belo dan Tambora.

“Enam wilayah tersebut memang lokasi yang cocok untuk dilakukan bercocok tanam dan pengembangan bawang putih,” ujarnya.

Dijelaskannya, ada beberapa negara penghasil bibit Bawang Putih unggul, seperti India dan Taiwan. Hanya saja yang pas dengan kondisi wilayah  Bima, bibit dari Thailand. “Sesuai kondisi iklim lahan kita, bibit yang bagus hanya berasal dari negara Thailand,” tandasnya. (YAN)

Share
  • 274
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top