Peristiwa

Desa Nggembe dapat 39 Unit Program Bedah Rumah

Sekdes Nggembe, Irfan, SPd

Bima, Bimakini.- Di Desa Nggembe, Kecamatan Bolo, mendapat 39 unit program bedah rumah. Program tersebut akan dicairkan Tahun 2019 ini yakni melalui anggaran APBD Provinsi NTB dan Dana Desa.

Sekretaris Desa (Sekdes) Nggembe, Irfan, SPd, mengatakan, dari 39 unit rumah tersebut. Rinciannya yakni 20 unit rumah bersumber dari APBD Provinsi dan 19 unit dari Dana Desa.

“Total 39 unit rumah tersebut alokasi anggarannya bersumber dari APBD Provinsi dan Dana Desa,” ujar Sekdes.

Lanjut dia, sebelumnya Kepala Dusun (Kadus) melakukan pendataan terhadap penerima manfaat di setiap wilayah masing masing.

“Data tersebut sudah dilakukan ferivikasi awal yakni oleh fasilitator lapangan yang juga mitra Perkim Kabupaten yang dikontrak oleh Perkim Provinsi,” jelasnya.

Secara detail, kata dia, 19 unit rumah yang dapat anggaran melalui Dana Desa melalui tahap II Tahun 2019. Setiap unit rumah mendapat masing masing Rp5 juta.

“Total Dana Desa Tahap II untuk bedah rumah yakni sebesar Rp 95 juta,” ungkap dia.

Sementara itu, M. Don, S. Sos, fasilitator program bedah rumah tahun sebelumnya membenarkan 20 unit rumah di Nggembe akan dapat dana bersumber dari APBD Provinsi Tahun 2019. “Insya Allah realisasi program tersebut sekitar bulan Maret dan April,” ujarnya.

Program tersebut, kata dia, ada dua kategori, yakni rehab dan bangun baru. Yakni yang bersumber dari dana rehab sebanyak 14 unit dengan nilai Rp 15 juta masing-masing penerima manfaat. Sedangkan untuk bangun baru sebanyak 6 unit dan dapat dana sebesar Rp. 26 juta per unit,” pungkas M. Don. (YAN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 341
    Shares
To Top