Peristiwa

Duh, Korban Rabies di Dompu Kian Bertambah

ilustrasi

Dompu, Bimakini.- Status Kejadian Luar Biasa (KLB) rabies atau penyakit anjing gila masih dilekatkan di Kabupaten Dompu, NTB. Apalagi, korban Rabies terus bertambah.

Kasus gigitan anjing gila  hingga Senin (11/02) mencapai 619 kasus. Meninggal  enam orang,  yakni 5  warga di Kempo dan 1 diManggelewa.

Untuk mencegah semakin banyaknya warga yang terserang Rabies, pemerintah gencar melakukan Vaksin dan Eliminasi Anjing. Rata – rata korban yang terkena Rabies ini, sebelum dilakukannya vaksin dan eliminasi.

“Korban didominasi serangan rabies yang lama atau sebelum dilakukan vaksin,” kata   Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Ir Zainal Arifin, Senin (11/2).

Diakuinya hingga saat ini jumlah warga yang korban serangan anjing rabies di Kabupaten Dompu sudah mencapai 619 korban. Untuk mengantisipasi agar korban tidak bertambah, pemerintah sedang melakukan berbagai upaya.

Diantaranya dengan melakukan eliminasi anjing liar di semua desa di Kabupaten Dompu. “Kita juga sudah dilakukan vaksinasi rabies terhadap semua anjing peliharaan,” terangnya.

Korban yang diduga digigit anjing rabies sudah diberikan Vaksin. Sementara untuk vaksinasi dan eliminasi anjing rabies ini, pihaknya berkoordinasi secara lintas sektor dengan berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Juga dengan berbagai komponen masyarakat.

“Dalam waktu  dekat anggaran yang dibutuhkan untuk melaksanakan semua kegiatan guna menyelamatkan nyawa warga ini, akan segera dicairkan,” ujarnya. (JUN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 239
    Shares
To Top