Peristiwa

Hutan Doro Iku Direboisasi, Petani Kecewa

Sebagian bibit yang belum ditanami, karena petani kecewa dengan jenis bibit yang disalurkan.

Bima, Bimakini.- Janji pemerintah reboisasi hutan lindung Doro Iku sudah terwujud. Namun disisi lain, petani kecewa, karena jenis pohon yang ditanam, tidak sesuai keinginan.

“Pemerintah kembali ingkar janji. Pasalnya jenis pohon yang disediakan tidak sesuai harapan,” ujar salah satu petani Doro Iku, Sudirman Amin, saat dikonfirmasi, Kamis (7/2).

Kata dia, saat rapat di Aula Kantor Kecamatan Bolo beberapa waktu lalu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) berjanji akan menyediakan jenis bibit pohon produksi atau buah – buahan. Namun realisasi berbeda.

“Kami termakan janji. Sehingga sebagaian bibit yang dibawa oleh dinas terkait banyak yang tidak ditanam,” ujarnya.

Dijelaskannnya, jenis pohon yang disediakan pemerintah yakni pohon asam, beringin dan lainnya. Mestinya, sesuai yang dijanjikan sebelumnya, jenis pohon yang harus disediakan seperti durian, nangka, rambutan dan lainnya.

“Mestinya pemerintah tidak seperti itu, apa yang dijanjikan harus ditepati,” ungkap dia.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) melalui Kasi Pemiliharaan, Nur Mayangsari, S. Hut mengatakan, stok bibit pohon yang diinginkan petani tidak ada. Sehingga dalam rangka reboisasi saat ini yang disediakan yakni jenis pohon sengon, jati dan lainnya.

“Tahun ini stok bibit pohon produksi habis. Sehingga mau tidak mau dibawa jenis pohon kayu besar,” terang Nur Mayangsari.

Dijanjikannya, Musim Hujan (MH) di akhir Tahun 2019 akan datang pihaknya akan menyediakan pohon produksi yakni sesuai kebutuhan petani.

“Insya Allah kita akan reaslisasikan pada reboisasi berikutnya. Yang jelas reboisasi Doro Iku tidak saja sekali ini, namun akan berlanjut,” pinta Mayangsari.

Kegiatan tersebut melibatkan segenap unsur anggota Muspika Kecamatan Bolo, BKPH Toffo Pajo Madapangga Rompu Waworada serta seluruh petani Doro Iku. (YAN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 224
    Shares
To Top