Pemerintahan

Kasus Rabies Menguatirkan, Kadis Kominfo-Dinas Pertenakan Dompu Berkoordinasi

Kadis Kominfo-Dinas Pertenakan Berkoordinasi saat berkoordinasi.

Dompu, Bimakini.- Menindaklanjuti kasus Kejadian Luar Biasa (KLB) Anjing atau Rabies di Kabupaten Dompu, Kepala Kominfo Dompu, Ir Fakhrudin berkordinasi dengan Kepala Dinas Pertenakan Dompu, Ir Zainal Arifin, MSi  Senin (11/2). Koordinasi itu untuk mengatasi  penyebaran virus Rabies atau Anjing Gila di Kabupaten Dompu. Apalagi kasusnya sudah mencapai tingkat yang menguatirkan.

Salah satu kegiatan yang akan dilaksanakan dua instansi ini adalah meningkatkan sosialisasi untuk mencegas penyebaran rabies lebih luas dan meminimalisir jatuhnya korban.

Kepala Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu, Ir Zainal Arifin, MSi mengatakan, data menunjukan hingga Februari 2019, korban Anjing Gila sudah mencapai 619 orang. Enam orang dinyatakan meninggal dunia.

Untuk menekannya, kata Zainal, gencar dilakukan vaksin di seluruh daerah. Selain itu sosialisasi tentang Pencegahan dan Pengendalian Rabies.

Diantaranya, pembuatan spanduk, pamflet, serta buku saku mengenai Rabies. Serta cara pencegahan dan penanganannya menjadi salah upaya meningkatkan kesadaran warga. “Bahwa virus Rabies merupakan virus yang perlu dikuatirkanm, karena virus ini bersifat zoonasis yang berarti virus ini dapat menular dari hewan ke manusia,” ingatnya.

Menurut Zainal, pada spanduk yang dibuat sudah dicantumkan pula Contact untuk Crisis Center Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan di setiap Kecamatan. Sehingga memudahkan masyarakat untuk melaporkan, bertanya, atau juga berkonsuktasi mengenai virus Rabies.

Selain itu, pada spanduk, pamflet serta buku saku dijelaskan secara detail apa itu Rabies, bahayanya serta cara pencegahan dan penganannya.

Kali ini Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Dompu bersama Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu berkoordinasi membahas tentang Sosialisai Pencegahan dan Pengendalian Rabies di Kabupaten Dompu. Koordinasi ini dilakukan dengan harapan mampu meningkatkan kesadaran serta pengetahuan warga tentang Rabies serta bahayanya.

Selain itu, diharapkan masyarakat dapat mengetahui cara pencegahan serta penanganan dari virus Rabies ini. Sehingga dapat menekan penyebarannya, agar korban tidak bertambah.

Dari Koordinasi yang dilakukan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika dan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu, akan diadakan siaran keliling  dikecamatan.

Kepala Dinas Kominfo dan Informatika Dompu, Ir  Fakhrudin  berharap dengan sosialisasi dan siaran keliling itu bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk mencegah semakin betambahnya penyebaran kasus Rabies. “Ini adalah tugas dan tanggung jawab kita semua,” pungkasnya. (JUN/Adv)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 5
    Shares
To Top