Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Kasus Rabies Menguatirkan, Kadis Kominfo-Dinas Pertenakan Dompu Berkoordinasi

Kadis Kominfo-Dinas Pertenakan Berkoordinasi saat berkoordinasi.

Dompu, Bimakini.- Menindaklanjuti kasus Kejadian Luar Biasa (KLB) Anjing atau Rabies di Kabupaten Dompu, Kepala Kominfo Dompu, Ir Fakhrudin berkordinasi dengan Kepala Dinas Pertenakan Dompu, Ir Zainal Arifin, MSi  Senin (11/2). Koordinasi itu untuk mengatasi  penyebaran virus Rabies atau Anjing Gila di Kabupaten Dompu. Apalagi kasusnya sudah mencapai tingkat yang menguatirkan.

Salah satu kegiatan yang akan dilaksanakan dua instansi ini adalah meningkatkan sosialisasi untuk mencegas penyebaran rabies lebih luas dan meminimalisir jatuhnya korban.

Kepala Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu, Ir Zainal Arifin, MSi mengatakan, data menunjukan hingga Februari 2019, korban Anjing Gila sudah mencapai 619 orang. Enam orang dinyatakan meninggal dunia.

Untuk menekannya, kata Zainal, gencar dilakukan vaksin di seluruh daerah. Selain itu sosialisasi tentang Pencegahan dan Pengendalian Rabies.

Diantaranya, pembuatan spanduk, pamflet, serta buku saku mengenai Rabies. Serta cara pencegahan dan penanganannya menjadi salah upaya meningkatkan kesadaran warga. “Bahwa virus Rabies merupakan virus yang perlu dikuatirkanm, karena virus ini bersifat zoonasis yang berarti virus ini dapat menular dari hewan ke manusia,” ingatnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Menurut Zainal, pada spanduk yang dibuat sudah dicantumkan pula Contact untuk Crisis Center Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan di setiap Kecamatan. Sehingga memudahkan masyarakat untuk melaporkan, bertanya, atau juga berkonsuktasi mengenai virus Rabies.

Selain itu, pada spanduk, pamflet serta buku saku dijelaskan secara detail apa itu Rabies, bahayanya serta cara pencegahan dan penganannya.

Kali ini Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Dompu bersama Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu berkoordinasi membahas tentang Sosialisai Pencegahan dan Pengendalian Rabies di Kabupaten Dompu. Koordinasi ini dilakukan dengan harapan mampu meningkatkan kesadaran serta pengetahuan warga tentang Rabies serta bahayanya.

Selain itu, diharapkan masyarakat dapat mengetahui cara pencegahan serta penanganan dari virus Rabies ini. Sehingga dapat menekan penyebarannya, agar korban tidak bertambah.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Dari Koordinasi yang dilakukan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika dan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu, akan diadakan siaran keliling  dikecamatan.

Kepala Dinas Kominfo dan Informatika Dompu, Ir  Fakhrudin  berharap dengan sosialisasi dan siaran keliling itu bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk mencegah semakin betambahnya penyebaran kasus Rabies. “Ini adalah tugas dan tanggung jawab kita semua,” pungkasnya. (JUN/Adv)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Olahraga & Kesehatan

Kota Bima, Bimakini.- Pemerintah Kota (Pemkot) Bima mulai menyosialisasikan  pencegahan pemberantasan penyakit menular dan mewabah (Zoonosis) khusus Rabies, Selasa (11/2). Sosialisasi dibuka Asisten Bidang...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Camat Bolo, Mardianah, SH, meminta UPT Peternakan Bolo menyikapi masalah anjing gila. Pasalnya, korban gigitan anjing meningkat dibanding tahun sebelumnya. “Tadi pagi...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Hendak ke sawah, H. Yusuf warga RT 01 Desa Kara digigit anjing yang diduga terinfeksi rabies, sekitar pukul 07.00 Wita, Kamis (24/10)....

NTB

Mataram, Bimakini.- Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Dr. Hj Sitti Rohmi Djalilah, menekankan pentingnya edukasi yang baik untuk mencegah dan menghindari penyakit rabies di wilayah...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Berdasarkan data Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Bima, hingga saat ini sudah ada laporan warga Kota Bima digigit Anjing diduga rabies....