Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Optimalkan Aplikasi “NTB Care”, Diskominfotik Beri Pelatihan Admin

Kota Bima, Bimakini.- Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kominfotik) Provinsi NTB bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Bima menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Admin Sistem dan OPD Aplikasi “NTB Care”. Kegiatan ini khusus lingkup Kota Bima,  Kamis (21/2) di aula kantor  Pemkot Bima.

Kepala Diskominfotik NTB, Tri Budiprayitno menjelaskan, pihaknya mengadakan sosialisasi dan pelatihan secara roadshow ke seluruh Kota/Kabupaten se-NTB untuk memperkenalkan aplikasi “NTB Care” sekaligus melatih admin pada tingkat Kota/Kabupaten.

Lanjutnya, aplikasi ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menyampaikan aduan, gagasan serta keluh kesah kepada pemerintah secara online. Sehingga, masyarakat NTB memiliki aduan, dapat disalurkan melalui aplikasi tersebut dengan terlebih dahulu men-download aplikasi “NTB Care” di android.

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Bima, Drs H Alwi Yasin, MAP menyampaikan apresiasi, karena Pemerintah Provinsi NTB di bawah kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur baru terus mengembangkan berbagai inovasi. Semuanya dengan satu tujuan utama, yakni untuk memastikan bahwa Pemerintah hadir melayani dan dapat dijangkau oleh masyarakat.

Selain Program Jumpa Bang Zul-Ummi Rohmi, untuk menyampaikan aduan dan gagasan masyarakat, saat ini Pemprov NTB juga mengembangkan sistem aplikasi untuk masyarakat, bernama “NTB Care”.

Lanjut Alwi, pengembangan aplikasi pengaduan masyarakat secara online sebenarnya telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Bima, yaitu melalui aplikasi “Lapor” yang dikelola oleh Bagian Organisasi Setda Kota Bima.

Namun yang menjadi tantangan adalah kurangnya feedback masyarakat, sehingga aplikasi tersebut kurang optimal pemanfaatannya. “Hal ini bisa kita jadikan pelajaran untuk penerapan aplikasi NTB care ini. Berarti dibutuhkan sosialisasi kepada masyarakat agar mau ikut terlibat atau berpartisipasi sebagai user aplikasi dengan memberikan tanggapan, keluhan, aduan, saran dan lain-lain. Dalam hal ini saya harapkan kepada dinas terkait lingkup Pemerintah Kota Bima, yakni Dinas Kominfo, untuk memanfaatkan berbagai media publikasi untuk memperkenalkan aplikasi ini kepada masyarakat,” ujarnya.

Dia pun berharap seluruh aparatur Pemerintah mau terus mengembangkan diri dan beradaptasi dengan canggihnya perkembangan teknologi. Kedepan, semua aspek penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan masyarakat akan dilaksanakan secara elektronik.

“Sekarang kita sudah mulai familiar e-Musrenbang, e-Budgeting, e-KTP, dan lain-lain. Bahkan pada lingkup tertentu, telah berlaku e-signature yakni tanda tangan secara elektronik untuk memudahkan kegiatan pelayanan dan memangkas waktu koordinasi. Kita harus mampu beradaptasi dengan berbagai perkembangan ini,” katanya. (DED)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

NTB

Mataram, Bimakini.- Sepekan memasuki libur dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriyah, 1-7Juni 2019 lalu, Pemerintah Provinsi NTB melalui aplikasi...

NTB

Mataram, Bimakini.- NTB Care kini hadir di Nusa Tenggara Barat. Hal itu mendapat apresiasi dari Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah....