Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Optimalkan Pelayanan Publik, Kominfo Dorong SKPD Miliki Website

Kepala Kominfo dan Wartawan saat menghadiri HPN di Surabaya.

Dompu, Bimakini.- Untuk meningkatkan pelayanan publik berbasis internet, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Dompu, meminta kepada setiap SKPD untuk memiliki Website.

“Kami akan melakukan sosialisasi pada SKPD yang belum memiliki Website,” kata Kepala Dinas Kominfo Dompu, Ir Fakhrudin, Senin (18/2).

Kata Alumni Fakultas Pertenakan Unram ini, dari 33 SKPD yang ada di lingkup Pemkab Dompu, baru 13 yang memiliki Website sendiri. Sehingga dalam waktu dekat, pihaknya akan menggelar sosialisasi pada setiap SKPD.

Bahkan, kata dia, ada yang telah memiliki Website, namun belum difungksikan secara optimal. Karena itulah sehingga perlu terus didorong serta memberikan pemahamqn tentang tata cara pembuatan dan pengelolaanya.

“Mereka harus tau bagamaina mengoperasikan Website,” katanya seraya menambahkan hal itu penting dilakukan agar semua kegiatan yang ada di SKPD itu bisa tersosialisasikan.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Bahkan diakuinya, masih ada SKPD yang menggunakan blog, sehingga tidak nyambung atau terkoneksi dengan Website utama milik Pemerintah Kabupaten Dompu. Mestinya kata dia, Website SKPD harus terintegrasi dengan dengan milik Pemkab Dompu.

Untuk pengelolaan server dipusatkan di Kominfo sebagai OPD utama pelayanan publik. Dengan terkoneksinya  dalam Server Kominfo, maka SKPD hanya membuat Website. “Setiap Website harus mencantumkan dompukab.go.id,” katanya seraya menargetkan tahun 2019 sudah 50 porsen SKPD memiliki Website yang telah berfungsi, sehingga diharapkan tahun 2020 nanti 100 Persen SKPD sudah memilikinya.

Sementara tenaga yang akan melakukan pembinaan terhadap Website saat ini sudah ada dan dimiliki di Dinas Kominfo. Karena itu, dia berharap semoga target untuk mewujudkan pelayanan informasi yang berbasis internet pada masyarakat akan segera terwujud. “Saya mohon bantuan semua pihak agar program ini bisa berhasil,” harap Fakhrudin. (JUN/Adv)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Dompu, Bimakini.- Kabupaten Dompu dinilai Kabupaten yang tidak informatif  oleh Komisi Informasi Publik NTB. Bahkan baru-baru ini  mereka mengeluarkan hasil skoring Monev tahun 2018...