Pemerintahan

Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Perlu Libatkan Pemuda

Feri Sofiyan, SH

Kota Bima, Bimakini.- Wakil Wali (Wawali) Kota Bima, Feri Sofiyan, SH, membuka kegiatan Youth Talkshow atau Dialog Kepemudaan yang diselenggarakan oleh DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Bima, Kamis (14/02), di Restoran Bima Tirta. Wawali hadir sekaligus selaku Ketua Majelis Pemuda Indonesia (MPI) Kota Bima.

Wawali, Feri Sofiyan menyampaikan apresiasi kepada DPD KNPI Kota Bima atas penyelenggaraan kegiatan yang sangat positif ini. Dikatakannya, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat perlu melibatkan semua unsur kelompok masyarakat, salah satunya adalah pemuda/pemudi.

“Pemuda menyimpan potensi besar untuk memimpin pembangunan di daerah. Mereka dapat menjadi kunci keberlanjutan pembangunan dengan pemikiran-pemikiran zaman now. Aktivitas pemuda saat ini, sangat dekat dengan kecepatan informasi dan perkembangan teknologi. Hal tersebut diyakini menjadi modal besar bagi para pemuda untuk tidak lagi cuek terhadap pembangunan di daerahnya”, katanya.

Dia menguraikan, ada beberapa peran yang dapat dilaksanakan oleh pemuda dalam mendukung pembangunan daerah.

Peran pemuda yang pertama adalah memperdalam ilmu dan pulang kembali ke daerah untuk menyampaikannya ke masyarakat.

Peran kedua adalah menjadi wakil terdepan dalam berbagai ajang kompetisi masyarakat. Kompetisi di sini tidak boleh dipahami secara sempit hanya sebatas perlombaan, tetapi bagaimana pemuda memiliki daya saing yang handal dari segi kualitas maupun kuantitasnya.

Peran ketiga, ikut aktif dalam berorganisasi dan mengorganisir diri dalam lembaga kemasyarakatan yang bisa menjadi wadah bagi para pemuda untuk berdinamika, menyalurkan ide, berkreasi dalam bidang olah raga, seni budaya, wirausaha dan mengabdikan dirinya pada bidang lainnya.

Peran keempat, membangun sinergi dengan perangkat daerah. Peran kelima, memperkuat unsur keuangan organisasi. Pendanaan organisasi adalah ruh yang menggerakkan organisasi, disamping anggota dan semangat kebersamaan.

Peran keenam, mengingat pemuda sebagai agent of change dan agen controlling, menghadapi tantangan dalam proses pembangunan daerah kedepannya, sangat diperlukan pemuda dalam mengawasi serta mengontrol kebijakan maupun pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah.

“Semuanya harus berdasarkan niat demi kebaikan masyarakat,” tegasnya.

Ketua DPD KNPI Kota Bima, Hj Mutmainah Haris menjelaskan, tema yang diangkat adalah “Pemuda Bicara Masa Depan Daerah”. Salah satu tujuan penyelenggaraan dialog ini adalah meningkatkan budaya literasi pada kalangan pemuda Kota Bima agar menjadi pemuda yang kompeten dan berpengetahuan.

Peserta kegiatan berasal dari unsur organisasi kepemudaan se-Kota Bima juga kalangan media. Hadir Staf Ahli Wali Kota Bima Bidang Kesra, Kemasyarakatan dan Sumberdaya Manusia, perwakilan Bidang Kepemudaan dan Olahraga Dinas Pariwisata Kota Bima, Ketua FKPT Kota Bima, pengurus OSIS dari beberapa sekolah menengah atas, dan Ketua HMI Cabang Bima. (DED)

Share
  • 4
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.

Bimakini.com adalah portal berita Bima Dompu Terkini. Bagian dari Bimeks Group.

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 46 BTN Penatoi Kota Bima, NTB Tlp: 0374-646840, 08233-9031009, 0853-33143335, 0852-53523401. E-mail: info[at]bimakini[dot]com

APLIKASI ANDROID

Fanpage

Copyright © 2016 Bimakini.com. Portal Berita Bima Terkini.

To Top