Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

97 Pengawas TPS Kecamatan Asakota Dilantik

Kota Bima, Bimakini.- Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Asakota Hartoyo MAk, melantik 97 Anggota Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Kecamatan Asakota di aula Kantor Camat Asakota, Senin (25/3).

Hadir dalam pelantikan tersebut Anggota Bawaslu Kota Bima Asrul Sani, Camat Asakota Is Fahmin SIP, Kapolsek Asakota, Lurah, PPK, PPS, Panwaslu Kelurahan dan peserta pelantikan.

Ketua Panwascam Asakota Hartoyo MAk mengatakan, jumlah PTPS yang dilantik sebanyak 97 orang yang akan bertugas mengawasi penyelenggaraan pemungutan dan penghitungan suara di 97 TPS yang ada di Kecamatan Asakota Kota Bima.

“97 Pengawas TPS yang dilantik ini setelah dilakukan proses seleksi administrasi dan wawancara. Alhamdulillah mereka yang dilantik ini adalah orang-orang pilihan dari puluhan ribu pemilih yang ada di Kecamatan Asakota,” jelasnya.

Dikatakan Hartoyo, perekrutan PTPS sebagaimana ketentuan UU 7 Tahun 2017 pasal 106, merupakan kewenangan Panwaslu Kecamatan.

Mereka dibentuk 23 hari sebelum hari pemungutan suara dan berakhir 7 hari setelah hari penghitungan suara.

“Mereka punya masa tugas selama 30 hari. Namun PTPS baru aktif itu, mulai tujuh hari sebelum hari pungut hitung,” ujarnya.

Sementara Anggota Bawaslu Kota Bima Asrul Sani dalam arahannya meminta, anggota Pengawas TPS yang baru dilantik agar mampu memahami tugas wewenang dan kewajibannya sebagaimana amanah UU Nomor 7 Tahun 2019 tentang Pemilu.

Selain itu kata Koordinator Divisi SDM, Organisasi, Data dan Informasi, Pengawas TPS harus mampu menjaga profesionalitas, netralitas (independensi) dan Integritas.

“Kita harus bertindak profesional dengan memahami tugas dan wewenang. Tetap menjaga netralitas dan indepensi sebagai pengawas pemilu serta menjaga integritas dalam menjalankan tugas pengawasan.

Bagi pengawas pemilu integritas itu adalah harga mati,” imbuhnya.

Pada pelantikan dan pengambilan sumpah PTPS tersebut, ditandatangani juga pakta integritas sebagai PTPS. (IQO)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemilu Serentak 2024

Kota Bima, Bimakini.- Badan pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bima Menggelar Apel Siaga Patroli Pengawasan menghadapai masa tenang hingga pemungutan dan penghitungan suara pemilu 2024,...

Pemilu Serentak 2024

Kota Bima, Bimakini.- Setiap tahapan Pemilu, memiliki tingkat kerawanan sendiri. Maka perlu ada pemetaan kerawanan disetiap tahapan, tertama masa tenang dan saat pungut hitung....

Pemilu Serentak 2024

Kota Bima, Bimakini.-  Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bima telah melakukan pengawasan dan pencermatan, terhadap data pemilih di Kota Bima untuk Pemilu tahun 2024....

Pemilu Serentak 2024

Kota Bima, Bimakini.- Proses pelipatan serta penyortiran surat suara telah selesai dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima selama 8 hari, 5 Januari...

Pemilu Serentak 2024

Kota Bima, Bimakini.- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bima mengawasi ketat kegiatan penyortiran dan pelipatan surat suara pemilihan umum (Pemilu) 2024, Sabtu (6/1/2024)...