Peristiwa

Bupati Bima Bersyukur, Anjing Positif Rabies Lebih Dulu Dimusnahkan Warga

Bima, Bimakini.- Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, SE, memimpin apel pagi di Kantor Dinas Peternakan Kabupaten Bima, Senin (11/3). Kehadiran orang nomor satu itu untuk memastikan berbagai langkah pencegahan dan penanganan ancaman rabies.

Kata dia, berdasarkan laporan Dinas Peternakan, Dinas Kesehatan maupun RSUD Bima, hanya ada beberapa anjing liar yang terinveksi rabies. Namun belum ada masyarakat di Kabupaten Bima menjadi korban gigitan.

“Alhamdulillah, sebelum ada korban, lima anjing terinveksi rabies di Kabupaten Bima lebih dulu dimusnahkan oleh masyarakat,” jelasnya.

Dia mengimbau, Dinas Peternakan untuk memastikan langkah pencegahan dan penanganan ancaman anjing rabies. “Saya tidak mengiginkan adanya korban yang tidak tertangani dengan maksimal, makanya harus ada upaya jauh hari sebelum ada kejadian,” katanya.

Menurut dia, tingginya kasus kematian akibat wabah rabies dikarenakan berbagai faktor kurangnya pemahaman masyarakat akan bahaya atau potensi kasus yang ditimbulkan.

“Dinas tehnis harus lakukan upaya supaya masyarakat mengetahui klasifikasi hewan penyebar rabies, melaksanakan vaksin, harus berikan Vaksin Anti Rabies (VAR) terhadap korban gigitan,” ujarnya.

Dia mengimbau, Dinas Peternakan harus melakukan vaksinasi terhadap hewan peliharaan atau hewan liar yang dimiliki oleh masyarakat. Seperti anjing, kucing, dan juga hewan-hewan liar lainnya.

“Kita harus komitmen untuk dapat memberikan pengetahuan atau pemahaman dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat akan bahaya dan potensi kasus kematian akibat wabah rabies, sosialisasi ini bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran wabah virus rabies yang menyebabkan terjadinya kasus kematian akibat gigitan,” pungkasnya. (MAN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 66
    Shares
To Top