Olahraga & Kesehatan

Dikes Upayakan Atasi Masalah Jaspel

Kepala Dikes Kota Bima, Drs H Azhari, MSi

Kota Bima,  Bimakini.- Dinas Kesehatan (Dikes)  Kota Bima  mengakui adanya aksi mogok tenaga kesehatan terjadi di RSUD Kota Bima,  karena keterlambatan pembayaran Jasa Pelayanan Medis (jaspel)  terhitung Desember 2018 lalu. Namun, kini diupayakan untuk menanganinya, agar mogok tidak berlanjut.

Kepala Dikes Kota Bima,  Drs H Azhari, MSi, dikonfirmasi via telepon mengakui aksi mogok di RSUD Kota Bima akibat keterlambatan pembayaran jaspel oleh pihak BPJS untuk tahun 2018 terhitung sejak Desember.

Dirinya mengaku sudah mendapatkan laporan soal aksi mogok petugas kesehatan di RSUD Kota Bima. Dari laporan yang masuk,  aksi mogok tersebut lantatan tidak terbayar jaspel selama tiga bulan.

Hasil konfirmasi pihaknya dengan BPJS, bahwa saat ini sedang diupayakan ke pusat. Sementara di daerah kewenangan BPJS hanya administrasi saja.

Tertundanya pembayaran  karena kondisi BPJS ditingkat pusat. Tertunda bukan saja di Kota Bima,  tetapi  di seluruh Indonesia.  Muncul pertayaan bagaimana dengan RSUD Bima? Diakui Azhari, RSUD Bima sama persoalannya , hanya saja karena statusnya sudah menjadi  BULD.

Jadi kewenagan mengatur pembiayaan dan personel sendiri. Sehingga diperbolehkan,  ada kebijakan yang bisa diambil dengan menggunakan anggaran rumah sakit, sambil menunggu pencairan oleh BPJS.

Lanjut Azhari,  atas persoalan keterlambatan prmbayaran jaspel,  pihaknya sudah mencarikan solusi.  “Kami coba dengan dana pengembalian pajak RSUD Kota Bima, dan semoga bisa direstui. Kami akan pakai Perwali  Tahun 2018 untuk pembayaran jaspel petugas, ” ujarnya.

Selain persoalan Jaspel menurut Azhari, mereka juga butuh figur Kepala RSUD dan pengisian struktur. Sehingga ada kepastian hukum dan  agar bisa bertanggung jawab.

Sementara saat ini jabatan Kepala RSUD Kota Bima baru PLT, pun struktur belum diisi. Namun dinas sudah mengusulkan awal Januari dan sudah didisposisi oleh Wali Kota Bima.

Sementara informasi dihimpun dari BPJS Bima,  bahwa pembayaran jaspel untuk RSUD Kota Bima tahun 2018 sudah diberikan.  Yang belum hanya tahun 2019 ini,  itupun sesuai aturan belum memasuki waktu jatuh tempo. (DED)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 61
    Shares
To Top