Connect with us

Ketik yang Anda cari

Olahraga & Kesehatan

Kabupaten Bima KLB Rabies, Anjing di Madapangga Mulai Divaksinasi

Kegiatan vaksinasi anjing milik warga di Madapangga, untuk menghindari rabies.

Bima, Bimakini.- Sekurangnya 140 ekor anjing milik masyarakat Desa Woro, Mpuri dan Tonda Kecamatan Madapangga divaksin oleh para vaksinator dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Bima, Kamis (14/3). Kegiatan vaksinasi anjing sebagai tindak lanjut atas penetapan Kabupaten Bima dengan status Kejadian Luar Biasa (KLB) penyakit rabies (anjing gila).

“Saat ini kita laksanakan pada 3 desa dulu yakni Woro, Mpuri dan Tonda, pertimbangannya karna pada 3 desa ini terjadi kasus gigitan, untuk desa-desa lain akan dijadwalkan lebih lanjut,” jelas Kepala UP Peternakan dan Pusat Kesehatan Hewan Kecamatan Madapangga, Akhyar Anis, S.Pt, saat melalui WhatsAppnya, Ahad (18/3).

Berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium oleh Balai Besar Veteriner (BBVet) atas sampel anjing yang menggigit warga Desa Tonda beberapa waktu lalu dinyatakan positif rabies. Sehingga menjadi dasar penetapan Kabupaten Bima dengan status KLB rabies.

“Anjing yang menggigit warga Desa Tonda beberapa minggu yang lalu, kita ambil kepalanya dan dikirim ke BBvet Denpasar untuk diperiksa, dan hasilnya ternyata positif rabies” pinta Akhyar.

Sehingga untuk mengantisipasi meluasnya virus rabies tersebut maka dilaksanakan vaksinasi anjing. Sasarannya seluruh anjing piaraan masyarakat yang ada di seluruh Kecamatan Madapangga.

“Untuk saat ini kita laksanakan vaksinasi  anjing peliharaan. Untuk anjing liar kita akan lakukan eliminasi, tapi belum ditetapkan jadwalnya,” imbuhnya.

Kegiatan vaksinasi ini disamping melibatkan para vaksinator dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Bima, juga melibatkan Danramil Bolo Madapangga, Kapolsek Madapangga serta para Babinsa dan Babinkamtibmas.

“Terima kasih kepada Danramil dan Kapolsek yang telah berpartisipasi aktif beserta seluruh Babinsa dan Bhabinkamtibmas. Karena hakikatnya giat ini terlaksana berkat peran serta unsur keamanan,” ungkapnya. (YAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Olahraga & Kesehatan

Kota Bima, Bimakini.- Pemerintah Kota (Pemkot) Bima mulai menyosialisasikan  pencegahan pemberantasan penyakit menular dan mewabah (Zoonosis) khusus Rabies, Selasa (11/2). Sosialisasi dibuka Asisten Bidang...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Camat Bolo, Mardianah, SH, meminta UPT Peternakan Bolo menyikapi masalah anjing gila. Pasalnya, korban gigitan anjing meningkat dibanding tahun sebelumnya. “Tadi pagi...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Hendak ke sawah, H. Yusuf warga RT 01 Desa Kara digigit anjing yang diduga terinfeksi rabies, sekitar pukul 07.00 Wita, Kamis (24/10)....

NTB

Mataram, Bimakini.- Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Dr. Hj Sitti Rohmi Djalilah, menekankan pentingnya edukasi yang baik untuk mencegah dan menghindari penyakit rabies di wilayah...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Berdasarkan data Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Bima, hingga saat ini sudah ada laporan warga Kota Bima digigit Anjing diduga rabies....