Peristiwa

Komunitas Motor Ubah Rumah Reot Warga Jadi Layak Huni

Rumah Ama Sao yang sudah disulat jadi layak huni oleh komunitas motor Bima.

Kota Bima, Bimakini.- Kepedulian sosial tinggi ditunjukkan oleh komunitas motor di Bima. Mereka merehap rumah Ama Sao, Dusun Selewi, Kelurahan Jatibaru, Kota Bima. Mereka tergabung dalam Keluarga Besar Bikers Mbojo, terdiri dari sejumlah club motor, yakni Rseriesbima (R15&R25), YR15ciBima (R15), Ninja250 KRB Bima, Aladin Bima (Fashion Shop) dan YROi Bima (R25 Indonesia).

Aksi  kepedulian itu mereka tunjukkan setelah melihat ada postingan di media sosial. Rumah yang ditempati Ama Sao sangat tidak layak.

Kini rumah Ama Sao pun sudah disulap dan menjadi layak hinu. Semua itu dilakukan secara bergotong royong dan bentuk kepedulian sesama.

Prasta, dari YROiBima,  juga Kordinator Anggota Lapangan menyampaikan, awalnya melihat ada postingan Sabtu (9/3) lalu. Seorang netizen memposting salah satu warga Kelurahan Jatibaru Dusun Selewi, Kota Bima, bernama Ama Sao dengan rumah reot.

Bahkan, kata Prasta, Ama Sao sudah tidak mampu berjalan. Selama ini hanya mendapat belas kasihan tetangga. Lantai dan diding rumah panggungnya sudah banyak yang rusak dan bolong.

“Lalu kami berinisiatif untuk mengumpulkan anggota dari Keluarga Besar Bikers Mbojo pada tanggal 10 Maret untuk memusyawarahkan dan menyurvei langsung ke rumah Ama Sao. Kemudian hasil yang kami peroleh langsung memutuskan untuk merenovasi rumah Ama Sao, walaupun kami sudah berupaya untuk mencari informasi ke pemerintahan, namun belum mendapatkan jawaban yang pasti kapan rumah warga yang tidak layak huni ini dapat dibedah,” ujarnya, Ahad (17/3).

Kondisi rumah Ama Sao sebelum direhab.

Selanjutnya, kata Prasta,  Senin (11/3) anggota komunitas motor berkumpul dan bergotong royong untuk membongkar dan memasang lantai, dinding rumah. “Pengerjaan rumah Ama Sao kami lakukan sendiri bersama Tim Keluarga Bikers Mbojo. Esok hari pada Selasa 12 Maret kami melanjutkan kegiatan untuk membongkar dan memasang atap yang baru,” tuturnya.

Selanjutnya, kata dia,  Rabu (13/3) memasangkan listrik dan dibiayanya akan ditanggung semasa hidupnya. “Kegiatan kami ialah ingin memberikan dampak atau citra positif kepada masyarakat, bahwa kami bukanlah semata-mata seperti yang masyarakat mengira. Kami sesungguhnya benar-benar taat kepada aturan, kami pun bergandengan dengan pihak kepolisian untuk menjadi pengendara yang baik, sopan, taat lalu lintas. Inilah yang selalu kami tekankan kepada anggota  di masing-masing club motor,” ujarnya

Sementara itu, Arif, dari RSeriesBima, sebagai Penanggungjawab kegiatan rehab menyampaikan, bakti sosial ini juga sebagai salah satu cara bersosialisasi kepada masyarakat. Memberikan kontribusi kepada masyarakat, untuk bisa menyakinkan bahwa anak motor bukan geng motor, tapi club/komunitas yang patuh lalu lintas.

“Alhamdulillah dana yang kami peroleh cukup untuk merenovasi rumah Ama Sao, sebagian dari dana masing-masing club motor, dan juga dari Hamba Allah yang baik hati berupa kayu, papan, triplex, paku, cat, terpal, seng serta kebutuhan lainya,” ujarnya.

Atas Kerja keras dan semangat dari anggota club motor, dapat menyelesaikannya dengan mudah tanpa hambatan apapun. “Harapan kami semoga dari apa yang kami berikan untuk Ama Sao di masa tuanya bisa menumbuhkan kembali semangat hidupnya dan bisa tersenyum kembali, juga bisa hidup dengan layak, nyaman, tidak kedinginan dan gelap gulita saat malam tiba,” ujarnya. (IAN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 671
    Shares
To Top