Politik

Mendekati Pemilu, Santer  Isu Bagi Uang ke Pemilih

ilustrasi

Dompu, Bimakini.- Kendati Pemilu serentak akan digelar 17 April 2019, namun isu bagi-bagi uang atau Money Politik sudah santer terdengar. Bahkan diduga tim sukses para calon DPRD Kabupaten dan DPRD Provinsi NTB sudah mulai mencatat nama-nama warga yang nanti akan diberikan uang.

Untuk Calon DPRD Provinsi dari isu yang beredar nominalnya Rp 20 ribu sampai Rp 30 ribu per pemilih. “Sudah banyak calon yang mencatat nama-nama pemilih ” kata Arahman salah seorang warga Woja.

Saat ini, kata dia, sudah bukan rahasia umum lagi soal bagi uang. Untuk Caleg DPRD Kabupaten Dompu yang terdengar  nominalnya Rp 250 ribu sampai Rp500 ribu. “Kalau tidak begitu mereka tidak ada yang mau memilih pak,” kata warga lainya yang juga mengakui telah dicatat namanya oleh tim sukses salah satu Caleg.

Rupanya, masih banyak pola pikir masyarakat yang menganggap bahwa hanya momen itulah mereka bisa mendapatkan uang dari para Caleg. Karena nanti ketika terpilih  akan sulit mendapatkan apa-apa. “Saat lagi membutuhkan suara kita saja mereka kelihatan,” kata Arinah, warga Matua, seraya menambahkan jika nanti sudah terpilih tidak akan pernah terlihat lagi.

Saat ini, Caleg mulai intens turun ke masyarakat, bahkan dari rumah ke rumah. Apalagi sudah mendekati  waktu pencoblosan.

Komisioner Bawaslu NTB, Suhardi beberapa lalu  mengatakan, mencegas politik uang adalah tugas bersama. (JUN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 19
    Shares
To Top