Pemerintahan

Pembangunan Rumah NSD Terus Digenjot

90 unit rumah telah dibangun untuk mendukung program kawasan bebas kumuh.

Kota Bima,  Bimakini.- Pembangunan rumah melalui Program New  Site Development (NSD)  atau Pengembangan Situs Baru  NUSP Tahap 2 di lingkungan Kedo, Kota Bima terus digenjot. termasuk sarana dan prasarana pendukungnya.

saat ini progresnya telah mencapai 60 persen. Diantaranya 90 unit rumah sudah dibangun.

“Untuk jalan,  drainase,  pipanisasi sudah selesai pembangunan awalnya,  termasuk pemasangan listrik oleh pihak PLN, ” ujar PPK, Kamarudin, Rabu (6/3).

Kata Kamaruddin, rencananya ada 218 unit rumah akan dibangun. Sementara yang sudah tuntas 90 unit. Program ini dari Dirjen Perumahan Kementerian PUPR.  “Tahun ini akan dilanjutkan dengan penyerahannya,” ujarnya.

Lanjutnya,  untuk pembangunan rumah melalui program NSD ini,  Kota Bima hanya membangun sarana prasarana sekeliling perumahan. “Pemkot akan membangun tempat ibadah,  sarana pendidikan,  los pasar. Sedangkan  jaringan air bersih sedang dikerjakan,” ujarnya.

Jika tidak ada kendala, kata dia, akan diselesaikan pertengahan tahun ini.  “Tujuan adanya NSD adalah dalam rangka kurangi masalah kekumuhan di Kota Bima kedepannya,” ujarnya.

Selanjutnya Pemkot Bima melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman menggelar workshop persiapan penghunian NSD Jatiwangi. Dalam rangka mengurangi kekumuhan kota dan mewujudkan Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU).

Selain itu, kata dia, mendukung kebijakan Nawacita Presiden RI, terkait program 100-0-100.  Yaitu, program ketersediaan 100 persen air minum, 0 persen kawasan kumuh, dan 100 persen fasilitas sanitasi dan drainase di seluruh wilayah Indonesia. (DED)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1
Share
  • 9
    Shares
To Top