Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

Pemdes Daru Minta Harga Garam Distabilkan

Abdurrahman

Bima, Bimakini.-  Pemerintah Desa (Pemdes) Darussalam meminta nasib petani garam diselamatkan. Terutama sekali peran Perusahaan Daerah (PD) Wawo dalam memastikan harga garam ditingkat petani.

“Kami  minta harga garam distabilkan. Harga saat ini tidak bersahabat, ” ujar Kepala Desa (Kades)  Darusalam, Abdurrahman, Rabu (6/3).

Kata dia, persoalan harga garam ditingkat petani saat ini masih belum stabil. Hal itu dikarenakan adanya dugaan permainan harga yang dilakukan oleh oknum tengkulak. Sehingga tidak heran banyak petani setempat masih menampung garam dipugarnya masing-masing.

“Harga garam saat ini masih bervariasi. Yakni sekitar  Rp 22 ribu per karung,” ucapnya.

Pihaknya meminta agar Pemerintah melalui Perusahaan Daerah dapat memperjuang nasib petani setempat. Apalagi di desa ini sebagian besar warga berpetani garam. Yakni lahan yang digunakan warga setempat sekitar 40 hektare.

“Semoga PD Wawo bisa turun dan bersosialisasi langsung pada warga setempat. Dalam membahas kepastian harga garam tersebut,” pintanya.

Sementara itu, Direktur PD Wawo, Sudirman, SH menyampaikan akan menindaklanjuti permintaan pemerintah desa setempat. Apalagi ini menyangkut keluh kesah petani terkait dengan ketidakstabilan harga garam tersebut.

“Persoalan tersebut akan kami tindaklanjuti. Dan menyampaikannya ke Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri SE,” ujar pria yang disapa Tofan, kemarin.

Selain itu, pihaknya berjanji akan segera turun bertemu langsung petani garam desa setempat. Untuk mendengar langsung harapan dan keluh kesah warga petani desa setempat.

“Kita akan segera turun di desa setempat. Guna mendengar langsung harapan petani,” pungkasnya. (YAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Bima gelar Sosialisasi Daerah (Sosda) Program Pengembangan Usaha Garam Rakyat (PUGAR), Kamis (14/5). Kegiatan di aula...

Politik

Bima, Bimakini.- Warga, baik anak muda dan emak-emak di Desa Talabiu antusias menghadari siraturrahmi Pasangan paket dr H Irfan – H Herman Alfa Edison...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Janji Bupati Bima, Hj Indah Dhmayanti Putri menaikan harga garam Rp 500 per kg.  Janji  itu disampaikan dihadapan petani garam Desa Talabiu,...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah besama Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE, Kadis Kelautan dan Perikanan Kabupaten...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Bima, Ir Hj Nurmah siap mempertaruhkan jabatan jika tidak mampu meningkatkan harga garam. Dia akan...