Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Pemprov NTB Siapkan SDM Qualified untuk MotoGP 2021

Mataram, Bimakini.- Selain memantapkan infrastruktur fisik, seperti sirkuit balapan, jalan bypass dari bandara menuju Mandalika dan perpanjangan runway BIL, Pemerintah Provinsi NTB juga akan menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang qualified untuk menyambut MOTOGP 2021.

Hal itu disampaikan Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, saat rapat koordinasi dengan jajaran Indonesian Tourism Development Coorporation (ITDC), di Ruang VIP Bandara Internasional Lombok, Rabu (27/3/2019).

Rapat yang juga dihadiri Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah tersebut, sebagai tindak lanjut atas pertemuan Gubernur dan sejumlah kepala OPD dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Jakarta, Selasa kemarin. Rapat itu juga untuk memastikan pembangunan infrastruktur yang diinstruksikan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu berjalan lancar. Termasuk membahas dan mematangkan SDM masyarakat NTB yang akan terlibat pada perhelatan motor race terbesar di dunia itu.

Doktor Zul, sapaan akrab Gubernur NTB menegaskan, SDM anak-anak NTB harus disiapkan dengan baik. “Berikan pendidikan, pelatihan dan keterampilan yang memadai. Dinas kita harus menyiapkan skill dan kemampuan anak-anak kita. Sehingga, ketika dites, beberapa bulan sebelum MotoGP, kita lebih dari siap,” ungkap Doktor Zul dihadapan Ketua PKK NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, SE., M. Sc., Sekda NTB Ir. H. Rosiady Sayuti, Ph.D dan Anggota FKPD.

SDM ini kata Doktor Zul, penting untuk disiapkan. Sebab, pada gelaran MotoGP itu, dibutuhkan labih dari seribu pekerja yang akan terlibat. Bahkan untuk menjaga lintasan sirkuit saja, dibutuhkan 900 orang penjaga. Belum yang lain, seperti tenaga kerja yang butuhkan untuk membangun infrastruktur jalan, sirkuit, rumah sakit dahotel yang mencapai ribuan orang.

Karena itu, Gubernur meminta kepala OPD terkait untuk segara mengidentifikasi SDM dengan qualilifikasi seperti apa, yang dibutuhkan oleh MotoGP tersebut.

Selain itu, Gubernur juga meminta kepada seluruh kepala OPD lingkup Pemprov NTB untuk ikut terlibat demi kesuksesan dan kelancaran event tersebut. Misalnya, Dinas PU memastikan pembangunan jalan Bypass dari BIL menuju KEK Mandalika berjalan lancar, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan agar memastikan lahan di kawasan tersebut tetap hijau saat MotoGP berlangsung.

“Kenapa OPD ini harus hadir, karena MotoGP ini menjadi magnet yang luar biasa. Sehingga, jangan sampai kita menjadi pasif, sambil menunggu 2021 datang. Kita harus memastikan bahwa ITDC tidak bekerja sendiri,” imbuh Gubernur.

Direktur Utama PT ITDC menjelaskan, ditunjuknya Mandalika sebagai venue MotoGP 2021 menjadi nilai tersendiri bagi NTB. Sebab, dengan adanya event ini, maka banyak hal yang diperoleh masyarakat sebagi dampak positifnya.

Karena itu, ia meminta dukungan semua pihak untuk menyukseskan itu. Sebab kesempatan itu tidak datang dua kali. Apalagi, menjadi tuan rumah event sebesar itu tidak mudah. Bahkan, Indonesia harus bersaing dengan negara- negara lain untuk bisa menjadi tuan rumah. Tidak hanya di luar negeri, di dalam negeri pun banyak daerah lain yang menginginkan agar motoGP digelar di daerah mereka, seperti Jawa Barat, Palembang dan daerah lainnya.

“Kami sadar, keberhasilan KEK Mandalika, tidak terlepas dari support pemerintah kabupaten, terutama pemerintah provinsi dan pusat,” katanya.

Hadir dalam rapat tersebut, Wakil Bupati Lombok Tengah, Sejumlah kepala OPD lingkup Pemerintah Provinsi NTB. PUR

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Olahraga & Kesehatan

Kota Bima, Bimakini.- Hadapi kesiapan perhelatan dunia Superbike tahun 2021 dan Moto GP di tahun 2022 di Sirkuit Mandalika Lombok, DPD Organda NTB berkoordinasi...

NTB

Mataram, Bimakini.- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, menegaskan bahwa sebelum event MotoGP digelar Oktober – Nopember mendatang, maka setiap minggu dan setiap...

Peristiwa

Lombok Tengah, Bimakini. – Upaya negosiasi berbagai pihak yang terlibat dalam proses land clearing lintasan Sirkuit MotoGP Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), yang...

NTB

Mataram, Bimakini.- Persoalan tanah Kute Mandalika di Lombok Tengah, untuk MotoGP yang belum tuntas dimusyawarahkan oleh pemilik tanah, tokoh masyarakat, tokoh adat, ITDC dan...

NTB

Mataram, Bimakini.- Persiapan MotoGP di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika Lombok, berlangsung sesuai rencana. Hal itu disampaikan Gubernur NTB, Dr. H. Zulkifliemansyah, saat melakukan wawancara...