Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Sosialisasi Pemilu, Warga Binaan Rutan Bima Antusias

Kota Bima, Bimakini.- Untuk meningkatkan angka partisipasi pemilih dan kecerdasan pemilih pada Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima terus memberikan sosialisasi. Seperti yang dilaksanakan, Rabu (13/3).

Sosialisasi tentang Pemilu 2019, dilaksanakan di dua lokasi sekaligus. Yakni di Rumah Tahanan (Rutan) Bima dan di Panti Jompo Tresna Werda Kota Bima. Kegiatan sosialisasi tersebut mendapat sambutan positif dari warga binaan Rutan Bima maupun warga di Panti Jompo tersebut .

Empat komisioner KPU Kota Bima, turun menjadi nara sumber di dua lokasi tersebut. Untuk di Rutan Bima, hadir Ketua Divisi Data dan Perencanaan, Bukhari S Sos dan Ketua Divisi Sosialisasi, SDM dan Partisipasi Masyarakat, Yety Safriati S Sos. Sementara di Panti Jompo, hadir Ketua Divisi Teknis, Tamrin SH dan Ketua Divisi Hukum, Agussalim SAg.

Pada sosialisasi tersebut, nara sumber memberikan penjelasan tentang pentingnya Pemilu dan juga waktu pencoblosan. Hal penting lainnya yang disampaikan adalah, jumlah dan jenis surat suara, peserta Pemilu dan tata cara pencoblosan.

Ketua Divisi Sosialisasi, SDM dan Partisipasi Masyarakat, Yety Safriati S Sos menjelaskan, kegiatan sosialisasi terus dilaksanakan. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan angka partisipasi pemilih. Serta untuk meningkatkan angka kecerdasan pemilih.

“Harus kita akui, jika dilihat dari jumlah surat suara yang akan diterima begitu banyak. Sehingga perlu diberikan pemahaman, terutama tentang tata cara pencoblosan, untuk meminimalisir adanya suara tidak sah,” beber Yety.

Ditambahkan Yety, angka partisipasi pemilih pada Pemilu 2019, KPU RI menargetkan 77,5 persen. Jika dilihat dari angka tersebut, target angka partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 lebih tinggi dari angka partisipasi pemilih pada Pemilu 2014 yang hanya mencapai 75,2 persen.

“Sosialisasi ini sebagai upaya kami untuk meningkatkan angka partisipasi pemilih. Melalui sosialisasi, kami mengajak pemilih untuk memberikan hak suara pada hari H nanti,” tuturnya.

Selain komisioner KPU Kota Bima, sosialisasi intens juga dilakukan oleh Relawan Demokrasi (Relasi) di semua basis. “Relasi merupakan perpanjangan tangan KPU untuk menyampaikan segala hal yang berkaitan dengan Pemilu 2019,” pungkasnya.  (IAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima melalui Surat Keputusan KPU Kota Bima Nomor: 109/PL.02.2.BA/4/2024 menetapkan, jumlah syarat minimal dukungan bakal Pasangan...

Politik

Kota Bima, Bimakini.-  Pembentukan Calon Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB serta Wali...

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Tahapan pemungutan hitung pada Pemilihan Umum (Pemilu) telah usai. Angka partisipasi masyarakat pada penyelenggaraan Pemilu 2024 di Kota Bima  mencapai 89,88...

Pemilu Serentak 2024

Kota Bima, Bimakini.-  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima akan melaksanakan Pleno Rekepitulasi Hasil Pemungutan Suara Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2024, Kamis 29...

Pemilu Serentak 2024

Kota Bima, Bimakini.- Komisi pemilihan umum (KPu) Kota Bima mendistribusikan logistik pemilu 2024 mulai Selasa 13 Februari 2024. Untuk distribusi logistik KPU Kota Bima...