Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Susun RKPD, Pemkot Bima Gelar Musrembang Tahun 2020

H Muhammad Lutfi, SE

Kota Bima,  Bimakini.- Pemerintah Kota (Pemkot)  Bima melalui Bapedda dan Litbang  menggelar Musrembang dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD)  tahun 2020. Temanya, “Membangun SDM untuk Pertumbuhan Kita yang Berkualitas dan Berdaya Saing”.

Kepala Bappeda Litbang Kota Bima, Ir Darwis  menyampaikan, kegiatan Musrenbang berlangsung selama dua hari,  27 – 28 Maret 2019. Tujuannya untuk menyelaraskan program dan kegiatan prioritas pembangunan daerah dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan provinsi serta nasional. Serta usulan program dan kegiatan Musrenbang kecamatan dan kelurahan.

Selain itu menyepakati prioritas pembangunan daerah serta rencana kerja dan pendanaan. Hasil yang diharapkan adalah adanya rancangan RKPD Tahun 2020, rancangan dokumen aspirasi daerah untuk pengusulan ke provinsi, dan pemerintah pusat, serta rancangan Renja pada masing-masing OPD yang akan diverifikasi berdasarkan dokumen akhir RKPD tahun 2020.

Wali Kota Bima,  HM Lutfi mengatakan, pelaksanaan pembangunan yang terarah harus dimulai dengan perencanaan yang baik dan terukur. Karena menurut dia, perencanaan yang terencana akan menjamin keberhasilan program dan skala prioritas dapat tercapai.

“Saya berharap rencana pembangunan 2020 hendaknya dilakukan dengan cermat, semua input atau usulan dari hasil musrenbang tingkat kelurahan maupun kecamatan tidak diambil semua, tetapi porsi-porsinya harus terukur, berapa persentase yang diambil dari tingkat bawah untuk mengejar skala prioritas yang ingin dicapai,” katanya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Wali Kota juga meminta rencana kerja pemerintah daerah Kota Bima tahun 2020 agar mampu disinkronkan dengan rencana kerja pemerintah daerah Provinsi dan pusat, sehingga dapat bersinergi dengan baik. “Ketika Musrenbang tingkat provinsi dilakukan, RKPD Kota Bima harus mampu disinkronkan, sehingga apa yang menjadi slogan pemerintah provinsi bisa sinergi dengan Pemerintah Kota Bima. Begitu juga dengan yang di pusat,” ujarnya.

Beberapa prioritas yang menjadi fokus dalam RKPD Tahun 2020, yaitu Penanganan pada pembangunan kembali infrastruktur, sosial ekonomi yang terdampak banjir bandang, mitigasi dan adaptasi dalam pengurangan resiko bencana di masa yang akan datang. Perlindungan sosial dan pengurangan penduduk miskin. Pengembangan kapasitas pemerintah khususnya berkaitan dengan perencanaan, pengawasan, dan akuntabilitas.

Selain itu, hal lain yang menjadi keinginan Wali Kota adalah melakukan pemerataan pembangunan di setiap wilayah, menekan laju inflasi, menciptakan wirausaha baru, membuka peluang investasi, meningkatkan PAD, menjaga stabilitas daerah, serta menjadikan Kota Bima sebagai “Smart City” untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kota Bima.

“Saya mengharapkan dukungan semua pihak. Mimpi-mimpi ini tidak mungkin terlaksana tanpa dukungan stakeholders, baik pemerintah, BUMN/BUMD, dunia usaha, dan lain-lain,” ujarnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Hadir Wakil Wali Kota Bima, Feri Sofiyan, SH, Ketua DPRD Kota Bima, Syamsurih, SH, pimpinan Fraksi DPRD Kota Bima, Kepala Bappeda Provinsi NTB, Sekda Kota Bima, Staf Ahli Walikota, Asisten Setda, pimpinan Perangkat Daerah, Camat dan Lurah Lingkup Pemerintah Kota Bima, pimpinan instansi vertikal, BUMN/BUMD, Perguruan Tinggi, tokoh agama, tokoh masyarakat, ormas, organisasi wanita, organisasi profesi, LSM. (DED)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Bappeda Litbang menyelenggarakan Konsultasi Publik Rancangan Peraturan Walikota Bima tentang Pedoman Penyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah dan Rancangan Perwali tentang pedoman...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Sorotan dewan tentang terlambatnya penyerahan dokumen refocusing ditanggapi oleh Kepala Bapedda dan Litbang, Muhammad Fakhrunraji. Dijelaskannya, pembehasan sudah selesai, hanya tinggal...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.-  Meskipun dijadwalkan Selesai per 31 Maret, ternyata Proses Refocusing anggaran Kota Bima tahun 2021 untuk penanganan Covid19 masih berlanjut sampai pekan...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Musyawarah Perencanaan Pambangunan (Musrenbang) Kabupaten Bima Tahun 2021 untuk penyusunan Rencana Kegiatan Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022 yang diikuti unsur DPRD, Perangkat...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Sesuai program tertuang dalam RPJMD kota Bima, penuntasan masalah air bersih, kesehatan dan kawasan kumuh menjadi prioritas pembangunan. Termasuk di dalamnya...