Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Warga Wawo Shalat Minta Hujan

Bima, Bimakini.- Ratusan warga Desa Maria Kecamatan Wawo, Jumat (1/3) pagi, menggelar shalat minta hujan (istisqa) di depan Lengge Wawo. Shalat istisqa dilakukan karena beberapa hari terakhir hujan jarang mengguyur daerah dataran tinggi Wawo.

Akibatnya, beberapa tanaman padi dan jagung sudah ada yang layu dan membutuhkan air hujan. Kegiatan itu diawali dengan pembacaan istigfar dan beberapa zikir lainnya dan dimpin oleh mantan Ketua MUI Wawo, H. Hasan Rasyid.  Juga dipercaya sebagai Imam dan khatib shalat istisqa.

Khatib shalat Istisqa, H Hasan Rasyid, mengingatkan jamaah agar memerbanyak istigfar karena kemungkinan ada kemaksiatan yang terjadi dan belum menyadari kesalahannya sehingga enggan untuk bertaubat kepada Allah. Oleh karena itu perlu memerbanyak zikir dan bertaubat kepada Allah.

“Kita tahu yang menurunkan dan yang menghentikan hujan hanya hak Allah. Karena itu kita hanya meminta kepada Allah agar lahan tadah hujan ini dicurahi hujan yang membawa kebaikan,” ujarnya saat hutbah di depan Lengge Wawo, Jumat.

Tidak hanya itu, kata dia, umat Islam hendaknya tidak melakukan kesyirikan kepada Allah dengan memercayai selain Allah dalam hal mendatangkan hujan. Karena itu, perlu melaksanakan kewajiban kepada Allah dan menjauhkan diri dari berbuat maksyiat kepada Allah.

“Dalam munajat kita agar pada musim tanam tahun ini jangan sampai gagal panen dan Allah berkendak untuk menurunkan hujan yang membawa kebaikan bagi semuanya,” katanya.

Kepala Desa Maria, H Nurdin HM Saleh, mengingatkan warga untuk terus berdoa setelah kembali ke rumah masing-masing. Bahkan, setiap masjid dan mushalla tetap bermunajat untuk meminta hujan. Sebab andalan pertanian di Wawo mengandalkan curah hujan yang cukup. (NAS)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait