Peristiwa

Aparat Polsek Wawo Apel Gabungan Amankan Rekap di PPK

Bima, Bimakini.- Jajaran Polisi Sektor (Polsek) Wawo dan personel Koramil Wawo, Sabtu (20/4) pagi, menggelar apel gabungan pengamanan penghitungan suara Pemilu serentak 2019 di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Wawo di aula kantor Camat Wawo. Apel gabungan itu dipimpin oleh Kapolsek Wawo, IPTU Jufrin.

Pantauan bimakini.com di halaman kantor Camat Wawo, Sabtu, ada enam anggota Polsek Wawo yang dibantu sekitar delaan personel dari Mapolres Bima Kota, sedangkan dari Koramil Wawo sekitar dua hingga lima personel yang selalu berjaga-jaga di sekitar kantor Camat Wawo untuk pengamanan rekap penghitungan suara Pemilu serentak yang digelar 17 April lalu.

Kapolsek Wawo, IPTU Jufrin, mengatakan, tugas pengamanan pada rekapitulasi hasil Pemilu serentak mulai digelar di tingkat kecamatan. Tugas ini sudah diperintahkan Kapolres Bima Kota sejak pada tahap pemungutan suara di TPS dan kini mulai direkap pada tingkat kecamatan untuk jenis pemilihan Presiden, DPD dan Pemilu Legislatif DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia. Tentu ada pengarahan berkaitan dengan keamanan agar selama proses rekap berlangsung tertib, lancer, dan aman.

“Kita ingatkan personel pengamanan yang ditugaskan pada hari itu agar tidak meninggalkan tempat selama berlangsungnya rekapitulasi hasil pengitungan suara itu,” ujarnya usai apel gabungan di halaman kantor Camat Wawo, Sabtu.

Kata Jufrin, pada Pemilu kali ini berbeda dengan pemilu sebelumnya. Kali ini yang paling lengkap yakni ada pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, ada pemilihan DPD, dan ada pemilihan legislative DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. Oleh karena itu akan banyak menguras tenaga bagi anggota PPK dan personel dalam menjalankan tugas kenegaraan itu. Untuk personel dan aparat kepolisian harus diap siaga selama beberapa hari pelaksanaan rekap di tingkat Kecamatan Wawo.

“Jika ditemukan ada masalah yang berkaitan dengan situasi dan kondisi yang mengganggu keamanan saat penghitungan suara, maka apparat tidak bisa langsung bertindak, tetapi setelah ada permintaan dari PPK dan Panwascam baru personel melakukan pengamanan,” katanya.

Dia berharap tim sukses atau warga masyarakat agar bersama-sama menjaga keamanan selama berlangsung rekap penghitungan suara di tingkat PPK Wawo hingga beberapa hari ke depan. Percayakan kepada penyelenggara untuk melaksanakan tugasnya dengan baik sesuai aturan yang berlaku. (NAS)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 76
    Shares
To Top