Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Bawaslu Kabupaten Bima Sebut 10 Persen Kotak Suara Rusak

Abdullah, SH

Bima, Bimakini.- Setelah KPU Kabupaten Bima mendistribusikan logistik ke masing-masing kecamatan atau PPK di Kabupataten Bima,  Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bima, menemukan kotak surat suara yang rusak. Jumlahnya tidak tanggung-tanggung, sekitar 10 persen tidak bisa digunakan lagi.

“Untuk memastikan logistik Pemilu 2019 sampai ke sararan, kami harus menginap, temuan kami pun ada 10 persen kotak surat suara rusak,” jelas Ketua Bawaslu Kabupaten Bima, Abdullah, SH, Senin (15/4).

Kata dia, kerusakan kotak suara ini bukan hanya di satu kecamatan, namun lebih dari satu. Kondisi kerusakan itu karena lembab.

“Kami sudah identifikasi di beberapa Kecamatan di Kabupaten Bima, namun hal ini sudah disampaikan ke KPU Kabupaten Bima sebagai penyelenggara Pemilu 2019,” jelasnya.

Dia mengaku, temuan yang menonjol sampai hari ini terjadinya kerusakan kotak surat suara. Untuk itu, pihaknya meminta segera menggantinya.

“Kalau terus seperti ini, lantas bagaimana pada hari pelaksanaan, ini harus cepat ditanggap oleh KPU,”  ungkapnya.

Temuan lain, kata Abdullah, pendiatrubusian undangan atau C6 tersendat ke masyarakat pemilih. “Ini juga kami sudah laporkan ke KPU,” lanjutnya.

Sementara Sekretaris KPU Kabupaten Bima Kurniawan, SSos, membenarkan adanya kerusakan kotak surat suara saat pendistribusian ke beberapa kecamatan. Pemicunya karena hujan saat distribusi berlangsung.

Namun, dia membantah jika 10 persen kotak surat suara rusak. Itu artinya sekitar 100 kotak surat suara tidak bisa digunakan. “Mana ada sebanyak itu, kalau 10 persen, artinya lebih dari 100 kotak dong, tidak ada seperti itu. Kerusakan itu hanya di Kecamatan Donggo, ada tiga kotak surat suara, kami sudah mengganti,” terangnya.

Kerusakan, kata dia, karena atap gudang bocor, sehingga kotak basah. Namun cepat dievakuasi untuk dikeringkan tidak sampai lembek. “Tidak benar 10 persen, kami punya data kok,” tutupnya.

Namun, kata dia, isi dalam kotak surat suara tidak bermasalah, karena sudah dibungkus plastik. (MAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Pemilu Serentak 2024

Bima, Bimakini.- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bima saat ibu tengah memeroses laporan dugaan penggelembungan suara di Kecamatan Donggo, Soromandi dan Ambalawi. Atas laporan...

Pemilu Serentak 2024

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bima sudah mereskomendasikan untuk pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Kecamatan Parado. Namun belum menerima keputusan dari KPU Kabupaten...

Pemilu Serentak 2024

Kota Bima, Bimakini.-  Logistik Pemilu 2024 di lima TPS di Kecamatan Parado, Kabupaten Bima, di Desa Wane, Rato, Kamsa, Desa Lere. Pembakaran dilakukan saat...

Pemilu Serentak 2024

Bima, Bimakini.- Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi masyarakat, dan Hubungan Masyarakat Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Bima, Mulyadin, M. Pd,  menemukan ada beberapa TPS yang...

Pemilu Serentak 2024

Bima, Bimakini.-  Masa tenang pemilu 2024 telah dimulai hari ini, Minggu (11/2)  hingga 13 Februari 2024. Tiga hari sebelum pemungutan dan penghitungan suara ini...