Politik

Bawaslu Kabupaten Bima Sebut 10 Persen Kotak Suara Rusak

Abdullah, SH

Bima, Bimakini.- Setelah KPU Kabupaten Bima mendistribusikan logistik ke masing-masing kecamatan atau PPK di Kabupataten Bima,  Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bima, menemukan kotak surat suara yang rusak. Jumlahnya tidak tanggung-tanggung, sekitar 10 persen tidak bisa digunakan lagi.

“Untuk memastikan logistik Pemilu 2019 sampai ke sararan, kami harus menginap, temuan kami pun ada 10 persen kotak surat suara rusak,” jelas Ketua Bawaslu Kabupaten Bima, Abdullah, SH, Senin (15/4).

Kata dia, kerusakan kotak suara ini bukan hanya di satu kecamatan, namun lebih dari satu. Kondisi kerusakan itu karena lembab.

“Kami sudah identifikasi di beberapa Kecamatan di Kabupaten Bima, namun hal ini sudah disampaikan ke KPU Kabupaten Bima sebagai penyelenggara Pemilu 2019,” jelasnya.

Dia mengaku, temuan yang menonjol sampai hari ini terjadinya kerusakan kotak surat suara. Untuk itu, pihaknya meminta segera menggantinya.

“Kalau terus seperti ini, lantas bagaimana pada hari pelaksanaan, ini harus cepat ditanggap oleh KPU,”  ungkapnya.

Temuan lain, kata Abdullah, pendiatrubusian undangan atau C6 tersendat ke masyarakat pemilih. “Ini juga kami sudah laporkan ke KPU,” lanjutnya.

Sementara Sekretaris KPU Kabupaten Bima Kurniawan, SSos, membenarkan adanya kerusakan kotak surat suara saat pendistribusian ke beberapa kecamatan. Pemicunya karena hujan saat distribusi berlangsung.

Namun, dia membantah jika 10 persen kotak surat suara rusak. Itu artinya sekitar 100 kotak surat suara tidak bisa digunakan. “Mana ada sebanyak itu, kalau 10 persen, artinya lebih dari 100 kotak dong, tidak ada seperti itu. Kerusakan itu hanya di Kecamatan Donggo, ada tiga kotak surat suara, kami sudah mengganti,” terangnya.

Kerusakan, kata dia, karena atap gudang bocor, sehingga kotak basah. Namun cepat dievakuasi untuk dikeringkan tidak sampai lembek. “Tidak benar 10 persen, kami punya data kok,” tutupnya.

Namun, kata dia, isi dalam kotak surat suara tidak bermasalah, karena sudah dibungkus plastik. (MAN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 520
    Shares
To Top