Peristiwa

Festival Geopark Tambora Dirangkai Berbagai Kegiatan

Kota Bima, Bimakini.- Gubernur NTB, Dr Zoelkieflimansyah menghadiri pembukaan Festival Geopark Tambora I di halaman Istana Kesultanan Bima atau Asi Mbojo, Selasa (8/4). Festival dihadiri Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi, SE,  Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, SE, Bupati Dompu, H Bambang M  Yasin.

General Manager Geopark Tambora, Ir Ridwan Syah, MSc, MM, MTP, yang juga Kepala Bappeda Provinsi NTB menyampaikan, rangkaian Festival Geopark Tambora I diawali lomba mewarnai yang diikuti 160 anak dengan tema tentang Geopark. Tambora Geopark sendiri telah diresmikan sejak November 2017 lalu dan saat ini sedang diusulkan menjadi Geopark UNESCO.

Rangkaian acara Festival Geopark Tambora I tidak hanya diisi dengan lomba mewarnai anak. Adapula Seminar tentang Geopark Tambora yang akan dilaksanakan pada hari Selasa, 9 April 2019, dan kegiatanfieldtrip dan menginap di Doro Ncanga pada Rabu, 10 April 2019.

Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi, SE mengungkapkan kebanggaannya, bahwa Bima dan Dompu memiliki destinasi wisata yang dikenal hingga pelosok dunia. Tambora  menjadi salah satu Geopark yang dikenal dengan keindahan alam yang khas dari 4 Geopark yang ada di Indonesia.

“Kita sebagai masyarakat Bima dan Dompu wajib berbangga memiliki destinasi wisata yang sangat luar biasa,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Bima, Drs H Dahlan M Nor, MPd, mengajak semua pihak untuk menggaungkan Tambora sebagai salah satu destinasi wisata yang memiliki nilai keunikan. Disampaikannya ucapan terima kasih atas partisipasi semua pihak dalam mengembangkan destinasi pariwisata yang ada di Bima.

“Pengembangan Geopark Tambora ini menjadi tantangan buat kita semua. Kita harus bersinergi dan berkelanjutan membangun Geopark Tambora ini,” ujarnya.

Pembukaan Festival Tambora Park I ditandai dengan pemukulan gong oleh Gubernur NTB didampingi Anggota DPR RI, Walikota Bima, Bupati Bima, Bupati Dompu dan Wakil Bupati Bima.

Acara ditutup dengan penyerahan buku “Gunung Api Tambora” karya Heriyadi Hidayat yang merupakan Pengajar pada Universitas Padjajaran Bandung kepada Gubernur NTB beserta Wali Kota Bima, Bupati Bima, Bupati Dompu dan Wakil Bupati Bima. (DED)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 31
    Shares
To Top