Pendidikan

Hasil USBN Diharapkan Meningkat, Agar Siswa Mampu Bersaing

Bima, Bimakini.- Pada Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2019 SMPN 1 Wawo, punya keinginan besar untuk meningkatkan kualitas hasil rata-rata yang dicapai anak didik. Ikhtiar ini sebagai wujud keinginan bersama agar anak-anak dapat bersaing pada tingkat yang lebih tinggi.

Kepala SMPN 1 Wawo, Mulyadin HAR, S.Pd, M.Pd, mengatakan, harapan seperti itu bukan sekadar pemanis dibibir. Tetapi seluruh komponen sekolah juga menginginkan hajat yang sama untuk meningkatkan kualitas hasil yang dicapai siswa.

Saat ini sedang berlangsung USBN 8-13 April 2019 dengan 10 mata pelajaran yakni, Pendidikan Agama Islam, PPKN, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, Bahasa Inggris, Seni Budaya, PJOK, dan Prakarya.

Untuk UNBK, katanya, akan serentak digelar 22-25 April dengan mata ujian, Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Melalui ujian ini siswa diharapkan bersungguh-sungguh bukan hanya peningkatan proses dari kuantitas, tetapi juga yang dikejar adalah kualitas hasil rata-rata nilai ujian nasional harus ada peningkatan secara signifikan.

“Jajaran guru bekerjasama siswa dan wali murid untuk sama-sama menyukseskan keinginan bersama itu,” ujarnya di sekolah setempat, Selasa (9/4).

Hal senada dikemukakan guru Pembina siswa, Eddy Ilhamsyah, S.Pd dan Iqra, S.Pd. Dari segi akademik dam kesiapan mental siswa sudah dilakukan. Bahkan, doa bersama dan doa sendiri-sendiri juga sudah dilaksanakan. Hasil akhir bertawakal kepada Allah. Ujian seperti ini merupakan agenda tahunan sekolah, meski berbeda dengan Ujian Nasional (UN) yang terkonsentrasi secara nasional, tetapi hakekat pengujian akhir siswa hampir sama dalam menghadapai serangkaian ujian akhir yaitu USBN dan UNBK.

“Kita berharap tahun ini ada 119 siswa yang ikut USBN dan UNBK diharapkan bisa lulus semua secara sempurna dan memperoleh nilai yang memuaskan,” ujar Eddy Ilhamsyah yang diamini Iqra di sekolah setempat, Selasa. (NAS)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 25
    Shares
To Top