Ekonomi

KCP BTN Bima Diresmikan, Siap Penuhi Kebutuhan Perumahan

Kepala Kantor BTN Wilayah III Surabaya, Frisaba Henky Yusdianto, saat meresmikan KCP Bima, Selasa (23/4).

Kota Bima, Bimakini.-  Untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat di  Kota Bima, Kabupaten Bima dan Dompu, Bank Tabungan Negara (BTN) membuka Kantor Cabang Pembantu di Kota Bima, Jalan Gajah Mada, Selasa (23/4). Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh  Kepala Kantor BTN Wilayah III Surabaya, Frisaba Henky Yusdianto, dilanjutkan pemukulan gong dan pemotongan tumpeng.

Hadir juga Asisten III Setda Kota Bima, Drs H Sukri, MSi, Staf Ahli Bupati Bima, Drs Syaifuddin, Kepala Kantor BTN Cabang Mataram, Dedi Kurniadi, Kepala KCP BTN Bima, I Gusti Made Bayu I.J, Kepala BPKAD Kota Bima, Drs Zainuddin, Kepala Bagian Ekonomi Kota Bima, Drs A Haris. Juga hadir Ketua Umum Asosiasi Aliansi Pengembang Perumahan Nasioanal Jaya (Appernas Jaya), Andre Bangsawan.

Kepala Kantor BTN Cabang Mataram, Dedi Kurniadi menyampaikan, bahwa Kota Bima selain  pertumbuhan penduduknya cukup tinggi, juga merupakan salah satu Kota berkembang dengan pertumbuhan ekonomi paling pesat di Pulau Sumbawa. Tingkat perekonomian yang berkembang pesat di Kota Bima menjadi salah satu alasan BTN hadir untuk melayani masyarakat.

Dijelaskannya, BTN KCP Bima ini merupakan Kantor keenam yang ada di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan nantinya tidak hanya menjangkau masyarakat Kota Bima, tapi juga masyarakat Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu.

“Kami mengucapkan terima kasih  kepada Pemda Kota Bima, Kabupaten Bima dan Dompu yang telah mendukung kehadiran BTN KCP Bima ini. Semoga kehadiran kami dapat membantu mempermudah proses perbankan terutama pengurusan kebutuhan perumahan bagi masyarakat,” ungkapnya.

Hadirnya Bank BTN di Bima, akan memudahkan  para developer, juga mendekatkan pelayanan dan memangkas waktu. Bahkan ditergetkannya untuk pelayanan  pengajuan perumahan dapat dilakukan 5 hari, jika semua administrasi lengkap. “Proses akan bisa langsung di Bima,” ujarnya.

Sekaligus, kata Dedi,  dapat mempercepat program pemerintah dalam mewujudkan satu juta rumah. Di NTB sendiri,  kebutuhan rumah  sekitar 15.000, sedangkan di Bima-Dompu sekitar 2.000.

Saat ini, kata dia, sudah ada developer yang  membangun rumah KPR, bagi  masyarakat berpenghasilan rendah.

Kepala Kantor BTN Wilayah III Surabaya, Frisaba Henky Yusdianto, bahwa kehadiran mereka di Bima untuk lebih mempermudah pemberian pelayanan perbankan terutama dalam memenuhi kebutuhan perumahan bagi masyarakat.

“Besar harapan kami bisa menyukseskan program perumahan yang telah dicanangkan Pemerintah Kota Bima, Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu,” katanya.

Dikatakannya, jika selama ini proses KPR lama, maka sekarang akan semakin mudah dan cepat. BTN sendiri sudah berpengalaman sejak 1976 dengan total 4,4 juta KPR. Sementara di Mataram sendiri sudah mencapai 17.900 KPR dengan nilai Rp4,4 triliun.

Dijelaskannya, pihaknya tidak hanya melayani KPR, namun juga kredit multiguna, termasuk Kredit Usaha Rakyat (KUR). Bahkan bisa juga melayani pembiayaan rehap rumah dan isinya.

Untuk menghindari masalah  bagi masyarakat yang mengajukan KPR melalui developer, pihaknya melakukan proteksi awal. Misalnya, developer harus memiliki kelengkapan ijin, agar tidak menimbulkan masalah dikemudian hari. “BTN hanya menyalurkan pembiayaan saja, namun juga melakukan proteksi,” ungkapnya.

Asisten Administrasi Umum Setda Kota Bima, Drs H Sukri, MSi menyampaikan rasa syukur atas berdirinya Bank BTN di Bima yang pelayanannya mencakup Kota dan Kabupaten Bima.

“Dengan berdirinya Kantor Cabang Pembantu (KCP) Bank BTN di Bima, tentu ini mempermudah dan memperdekat layanan kepada masyarakat. Terutama bagi masyarakat yang membutuhkan perumahan,” kata Asisten III ini.

Dia berharap agar pihak Bank BTN bisa menjalin kerjasama dengan Pemda di wilayah jangkauannya. Selain itu, agar bisa melayani masyarakat dan mempermudah pengurusan pinjaman bagi masyarakat.

Selain itu, Bank BTN menyerahkan Corporate Social Responsibility (CSR) kepada lima pelajar berprestasi yang ada di Kota Bima. Penyerahan  oleh Kepala Kanwil BTN Wilayah III Surabaya, Frisaba Henky Yusdianto.

Selain itu, penyerahan pembukaan dan penyetoran rekening pertama oleh Ketua Umum Asosiasi Aliansi Pengembang Perumahan Nasioanal Jaya (Appernas Jaya), Andre Bangsawan. (IAN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 8
    Shares
To Top