Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Kerukuhan Umat Beragama Salah Satu Kunci Pilpres dan Pileg Damai

Kota Bima, Bimakini.- Wakil Wali (Wawali) Kota Bima, Feri Sofiyan, SH, silaturrahmi dengan tokoh lintas agama dan lembaga keagamaan se-Kota Bima di halaman Kantor Kementerian Agama Kota Bima, Kamis (11/4).

Silaturrahim digagas oleh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Bima. Tujuannya  memperkuat dan mempertahankan kerukunan umat beragama di Kota Bima menjelang pelaksanaan pemilihan umum presiden dan legislatif pada 17 April 2019, sehingga tercipta suasana yang kondusif dan terhindar dari konflik bernuansa SARA.

Diharapkannya, FKUB terus memupuk rasa persaudaraan dan semangat kebangsaan di masyarakat dan terus aktif menumbuhkembangkan rasa kebangsaan di antara umat bergama agar terwujud Pemilu yang damai.

“Sehingga, melalui Pemilu yang damai akan muncul pemimpin-pemimpin yang terbaik bagi kesejahteraan seluruh masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut dilakukan penandatanganan pakta integritas oleh Wawali, Kapolres Bima Kota, Dandim 1608/Bima, dan Ketua FKUB Kota Bima. Yakni  mempertahankan kerukunan antar umat beragama dan NKRI. Serta mengawal pelaksanaan Pemilihan Umum secara damai, jujur dan adil.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Selain itu, momen ini dimanfaatkan untuk deklarasi Pemilu damai antartokoh lintas agama dengan ikrar “Hindari Ujaran Kebencian, Hoaks, dan Isu Sara”.

Wawali menyampaikan, forum silaturrahim ini dilaksanakan pada waktu yang tepat. Mengingat beberapa hari lagi akan dilaksanakan pemilihan umum. “Kerukunan antarumat beragama menjadi salah satu kunci terciptanya Pileg dan Pilpres yang aman dan damai,” ujarnya.

Diharapkannya, seluruh alim ulama, tokoh masyarakat dan tokoh lintas agama mampu memberi pencerahan kepada masyarakat untuk saling menghargai. Serta menghormati antar pemeluk agama di Indonesia.

“Kita tentu tidak ingin masyarakat terpecah belah. Kita bisa hidup berdampingan dengan saudara-saudara kita yang lain. Kaum muslimin pemeluk agama mayoritas harus menghargai dan mencintai pemeluk agama minoritas, begitu pun dengan pemeluk agama minoritas menghargai dan menyayangi yang mayoritas,” ujarnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Lebih lanjut,  Wawali mengatakan, sebagai bangsa yang majemuk dan plural, Indonesia memiliki potensi konflik yang sangat tinggi. Potensi konflik sosial yang terjadi berasal dari isu sara. Selain itu, potensi konflik juga diperuncing dengan keberadaan masyarakat yang mudah diprovokasi berita hoax dan hate speech (ujaran kebencian).

“Di medsos begitu gampang seseorang mencaci maki suatu golongan atau kelompok, mengumbar fitnah dan ujaran kebencian. Hal ini berpotensi dapat memecah belah bangsa,” pesannya.

Hadir pada acara tersebut, perwakilan Polres Bima Kota, perwakilan Pengadilan Negeri Bima, perwakilan Kantor Kemenag Kota Bima, Ketua FKUB Kota Bima, Ketua FKUB Kabupaten Dompu, Pimpinan OPD terkait, Ketua GOW Kota Bima, Ketua Dharma Wanita Kota Bima serta tokoh lintas agama se-Kota Bima. (DED)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemilu Serentak 2024

Mataram, Bimakini.- – DPD PDI Perjuangan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) III tahun 2023 menyongsong pemilihan presiden (pilpres) dan...

Pemilu Serentak 2024

Mataram, Bimamini. – Konsolidasi akbar Bakal Calon Presiden (Bacapres) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo di Lapangan Nasional Selong Lombok Timur berlangsung meriah....

Pemilu Serentak 2024

Mataram, Bimakini.- Bakal Calon Presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo menyapa masyarakat Pulau Lombok, Ahad (18/6/2023). Mengawali kunjungan satu hari penuh di Pulau Seribu Masjid, Ganjar...

Pemilu Serentak 2024

Mataram, Bimakini.- Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Rachmat Hidayat berkunjung ke Kantor DPW Partai Persatuan Pembangunan (PPP) NTB pada Senin...

Politik

Kota Bima, Bimakini.-  Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bima dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Bima menandatangani nota kesepahaman bersama  dalam mewujudkan  pengawasan...