Peristiwa

Kesadaran Masyarakat Dukung Zero Waste Terlihat di FPT

Warga saat mengumpulkan sampah di lokasi acara FPT.

Dompu, Bimakini.- Kasadaran masyarakat akan penting lingkungan yang bersih dan terbebas dari sampah atau  “Zero Waste” terlihat di puncak Festival Pesona Tambora (FPT) tahun ini. Prorgam yang kini tengah digaungkan oleh Pemerintah NTB ini langsung mendapat respon positif dari warga.

Itu bisa dilihat baik sebelum maupun sesudah acara puncak FPT di Doroncanga. Pengunung  dengan kesadaran sendiri memungut dan membersihkan sampah disekitar mereka. “Kita sengaja membawa penampungan sampah,” kata Ilham salah seorang warga usai acara FPT di Doroncanga, Kamis lalu.

Bahkan terlihat warga yang membawa mobil memasukkan sampah ke kendaraannya. Seperti bekas gelas air minum dan botol  untuk dibuang ke tempat khusus. “Sangat beda kesadaran masyarakat tahun ini dengan momen yang sama tahun sebelumnya,” kata Rahman warga Kelurahan Bada Kecamatan Dompu Kamis (11/4).

Hal yang sama juga dilakukan oleh masing-masing SKPD usai acara puncak FPT. Mereka  langsung  membersihkan sisa sampah yang berserakan di lokasi acara.

Selama 4 kali pelaksanaan Festival Pesona Tambora selalu menjadi sorotan warga, yakni banyaknya sampah yang ditinggalkan di Doroncanga. “Program Zero Waste memotivasi kesadaran masyarakat untuk bebas sampah,” kata Suharni salah seorang ASN seraya menungut sampah sebelum meninggalkan lokasi. (JUN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 7
    Shares
To Top