Politik

Masih Ada Pemilih Buta Aksara, Bupati Minta KPU  Maksimalkan Sosialisasi

Bupati Dompu saat ikut simulasi pungut hitung.

Dompu, Bimakini.- Bupati Dompu, Drs H Bambang M Yasin meminta KPU memaksimalkan sosialisasi.  Karena Pemilu ini agak sulit dan perlu konsentrasi. Apalagi pada Pemilu ini masih ada pemilih lansia dan buta aksara.

Pasalnya kata bupati, pemilih harus dihadapkan pada lima kartu suara. Ditambah caleg tidak memiliki foto, hanya nama, nomor dan gambar partai.

“Saya minta agar pihak KPU melakukan sosialisasi dengan massif,” ujarnya saat simulasi pemungutan dan perhitungan suara yang digelar di Lapangan Paruga Parenta Kantor Bupati Dompu, Kamis (4/4).

Bupati juga mengapresiasi langkah KPU Dompu yang menggelar acara simulasi pemungutan dan perhitungan suara untuk TPS 15 Kelurahan Bada, Kecamatan Dompu, dengan jumlah pemilih sebagai sampel 210 orang .

Pemilu dikatakan sulit, kata dia, karena warga yang berhak memilih bukan saja dari kalangan terpelajar atau intelektual, namun juga lanjut usia. Simulasi ini juga  untuk meminimalisir hal-hal yang tidak seharusnya terjadi.

Selain itu, bupati mengingatkan kepada masyarakat Dompu usai pemilu tetap menjalin silaturrahmi. Jangan sampai tidak saling bicara, karena perbedaan pilihan. “Siapapun yang terpilih itu adalah sudah menjadi takdir Allah,” katanya.

Ketua KPU Dompu, Drs Arifudin AK , menjelaskan, untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang tata cara memilih diselenggarakan menyelenggarakan simulasi pemungutan dan penghitungan suara. Suasana  dibuat semirip  dengan pelaksanaan pada 17 April 2019 mendatang.

Diakuinya di Pemilu serentak ini, perlu meningkatkan pemahaman, baik  PPK,PPS, KPPS, serta masyarakat.  “Semoga dengan simulasi pemungutan dan penghitungan suara yang diikuti 210 orang pemilih ini, pelaksanaan pemilu tahun 2019 di Kabupaten Dompu dapat berjalan sesuai mekanisme dan aturan yang berlaku,” ujarnya.

Bupati Dompu, dan  istri, Hj Eri Ariani terlihat memberikan hak pilihnya dalam simulasi itu. (JUN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 5
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top