Peristiwa

Pengendara Keluhkan Sampah Berserakandi Jalan Penghubung Rasabou-Kara

Bima, Bimakini.- Pengguna roda dua dan roda empat mengeluhkan kondisi jalan lintas yang menghubungkan Desa Rasabou dan Kara. Pasalnya, mulai tikungan Wadu Mpongi Desa Rasabou hingga di sekitar Rade Bao sampah berserakan mengakibatkan arus lalu lintas di jalan lintas setempat terganggu.

Mantan Kades Kara, Fuadi, membenarkan kondisi jalan lintas penghubung Desa Rasabou dan Kara menjadi pemandangan tidak elok akibat sanpah berserakan. Bahkan kata dia, kondisi itu sangat mengganggu para pengguna jalan.

“Sampah berserakan hingga di tengah jalan. Akibatnya, pengguna roda dua dan empat sulit melewati bahkan harus manahan laju kendaraan untuk menghindari tumpukan sampah,” ujar Fuadi, Ahad (14/4).

Mestinya, kata dia, warga yang membuang sampah harus sadar bahwa lokasi itu bukan tempat buang sampah. Apalagi saat ini, ucap dia, semua desa sudah mengalokasikan anggaran untuk pengadaan mobil sampah agar tidak ada lagi warga yang buang sampah di sembarang tempat.

“Semua desa sudah menyediakan mobil sampah. Kenapa ada sampah berserakan seperti itu,” herannya.

Kondisi itu sangat disesalkannya, sehingga menurut dia, pemerintah kecamatan maupun desa wajib hukumnya untuk mengimbau warga agar tidak membuang sampah di sekitar jalan lintas Kara dan Rasabou. Sehingga jalur menghubungkan dua desa tersebut nyaman dilalui oleh pengguna jalan.

“Kita susah payah memperjuangkan agar jalan penghubung Kara dan Rasabou dihotmik oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima. Untuk itu, kita berharap warga tidak lagi membuang sampah di sekitar jalan tersebut,” ujarnya.

Pengguna jalan asal Kabupaten Dompu, Fatahullah, mengeluhkan kondisi jalan setempat dijadikan tempat buang sampah. Sehingga membuat pengguna jalan tidak nyaman saat melintas.

“Sampah berserakan di tengah jalan. Akibatnya laju kendaraan tersendat,” ungkap Fatahullah.

Terkait hal itu, kata dia, pemerintah harus punya sikap yang konkrit sehingga jalan tersebut tidak lagi menjadi panorama yang buruk.

“Pemerintah harus bersikap. Paling tidak memberikan pemahaman terhadap warga agar tidak lagi buang sampah di sembarang tempat,” pungkasnya. (YAN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 14
    Shares
To Top