Ekonomi

Perairan Dompu  Miliki Potensi TunaTerbanyak Kedua di Indonesia

Ir Wahidin

Dompu, Bimakini.- Kabupaten Dompu memiliki potensi perikanan yang sangat menjanjikan. Itu dapat dilihat dari Geografis Kabupaten Dompu yang memiliki garis pantai yang panjang dan sangat menguntungkan bila dikelola dengan baik.

“Perairan kita memiliki ikan tuna terbesar kedua di Indonesia ” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Dompu, Ir Wahidin, Selasa (9/4).

Hanya saja katanya, saat ini potensi yang sangat luar biasa itu belum dikelola dengan baik. Padahal sektor Industri Kemaritiman sangat menjanjikan dan bisa menjadi andalan selain pertanian.

Selain bisa menjadi sektor andalan, kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Dompu ini, sektor Kemaritiman juga bisa menyerap banyak tenaga kerja serta meningkatkan ekonomi masyarakat. “Selama ini kita masih mengandalkan bantuan peralatan dari pemerintah pusat,” katanya seraya menambahkan masih minimnya sarana dan prasarana untuk penangkapan ikan.

Itupun tambah Wahidin, dari beberapa kapal bantuan Pemerintah Pusat masih mengandalkan tenaga luar daerah Dompu. Kedepanya diharapkan adanya perhatian serius dari pemerintah daerah agar lebih memperhatikan sektor industri kemaritiman ini.

Apalagi katanya Kabupaten Dompu dengan luas laut dan garis pantainya yang panjang, menjadi perhatian serius untuk dikelola dengan baik. “Sektor perikanan darat juga Dompu sangat besar,” tambahnya.

Saat ini Pemerintah Kabupaten Dompu tengah melakukan kerjasama dengan koperasi dalam mengembangkan perikanan tangkap.  Hanya saja untuk pengembangan usaha perikanan tangkap, Pemda belum bisa membantu secara maksimal, terutama penyediaan kapal.

Padahal dengan adanya kapal itu, komoditas perikanan di Kabupaten Dompu bisa dieksepor seperti Tuna. (JUN)

Share
  • 11
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top