Politik

Rekapitulasi Suara TPS V Monggo Ditunda

Saksi PKS, Mahrin

Bima, Bimakini.- Rapat pleno rekapitulasi suara tingkat PKK Madapangga untuk TPS lima (V) Desa Monggo ditunda.  Karena adanya C1 plano khusus lembaran Partai Amanat Nasional (PAN) untuk Pemilihan DPRD Provinsi NTB di TPS setempat hilang.

Salah satu Saksi, Partai Kesejahteraan Keadilan (PKS), Mahrin menyampaikan bahwa penundaan rekapitulasi suara tersebut dikarenakan adanya C1 Plano yang hilang dalam kotak suara tersebut khusus lembaran perolehan suara PAN Caleg DPRD Provinsi NTB. Sedangkan untuk lembaran perolehan partai lainnya ada.

“Yang hilang perolehan PAN saja. Sedangkan lembaran perolehan partai C1 plano lainnya ada. Namun keseluruhan partai untuk C1 hologramnya ada. Baik itu PAN maupun lainnya,” ujar Mahrin, Kamis (25/4).

Dengan hilang lembaran C1 plano tersebut maka di TPS tersebut dipending. Hal itu berdasarkan kesepakatan bersama. Yakni menuntaskan rekapitulasi suara di seluruh TPS lainnya. Sambil menunggu ditemukan C1 Plano . Sekaligus seperti apa langkah keputusan akhir dari hilangnya C1 plano tersebut.

“Semua akan direkap. Namun selesaikan dulu TPS yang dinilai tak berkurang apapun,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua PKK Madapangga, Mustafa SE membenarkan adanya hilangnya C1 plano khusus perolehan suara PAN DPRD Provinsi NTB di TPS V Desa Monggo. Dengan kejadian tersebut pihaknya akan memanggil petugas KPPS setempat untuk berkoordinasi terkait hal itu. Sekaligus berkoordinasi dengan Panwascam seperti apa langkah dan keputusannya.

Selain, dengan kejadian itu pula pihaknya akan menunda rekapitulasi khusus TPS setempat. Dan menyelesaikan rekapitulasi di TPS lainnya di desa setempat.

“Jumlah TPS desa setempat sebanyak 14 TPS. Namun yang ditemukan hanya TPS setempat hilang C1 planonya,” ujar Mustafa, kemarin.

Kemudian, Anggota Panwascam Madapangga, Joniansyah membenarkan adanya kejadian hilangnya lembaran C1 plano tersebut. Bahkan dengan kejadian itu pihaknya akan mengeluarkan rekomendasi untuk melakukan perhitungan ulang khusus peti Caleg DPRD Provinsi NTB di TPS setempat.

“Kita akan keluarkan rekomendasi agar di TPS setempat khusus Caleg DPRD Provinsi NTB dihitung ulang,” ungkapnya.

Dijelaskannya, sekiranya kejadian seperti ini dijumpai nantinya pada TPS lain. Langkah itupun akan dilakukan. Demi terciptanya keadilan dan intrigitas Pemilu.

“Kalaupun ada di TPS lain C1 planonya yang hilang. Kita akan merekomendasikan perhitungan ulang dengan membuka kotak suara tersebut,” pungkasnya. (YAN)

Share
  • 9
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top