Peristiwa

Taat Pajak, Berarti Berkontrbusi untuk Bangsa

Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE

Bima, Bimakini.- Membayar dan taat pajak  sangat penting  bagi masyarakat untuk Negara Indonesia. Sebab pajak memberikan kontribusi besar bagi keberlangsungan kehidupan di negara ini.

Hal itu disampaikan Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE pada kegiatan Pekan Panutan Pajak 2019 Samsat Goes To School yang dilaksanakan di halaman SMAN 1 Woha, Kamis (11/4).

Kata Bupati, pajak menjadi sumber penerimaan dan pendapatan negara terbesar, hal ini ditunjukkan oleh besarnya kontribusi sektor pajak terhadap penerimaan Negara.

“Penerimaan pajak inilah yang digunakan untuk meningkatkan pembangunan Indonesia mulai dari pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan berbagai sektor lainnya yang bertujuan untuk kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Indonesia,” kata dia.

Lanjut Dinda, peran pajak dalam meningkatkan pembangunan di berbagai sektor kehidupan tentu tidak dapat dipungkiri, namun tidak banyak rakyat yang menyadari hal tersebut.

“Manfaat pembayaran pajak tidak langsung diterima, namun tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini hampir seluruh rakyat Indonesia telah memperoleh manfaat pajak,” katanya.

Pelayanan kesehatan gratis, pendidikan gratis dan berkualitas, akses transportasi dan mobilitas yang mudah melalui pembangunan infrastruktur jalan yang mendorong perekonomian adalah sekumpulan manfaat pajak.

“Oleh karena itu, sangat penting untuk meningkatkan kesadaran pajak bagi warga masyarakat sehingga kita membayar pajak ini merupakan wujud kecintaan kepada tanah air,” ujarnya.

Sejalan dengan tujuan meningkatkan kesadaran pajak, maka keberadaan generasi muda yang akrab disapa generasi milineal menjadi sangat penting untuk mendukung tujuan itu.

“Generasi milenial adalah generasi yang lahir pada tahun 1980-2000an, dimana usianya saat ini mencapai 17-37 tahun yang merupakan usia produktif,” ujarnya.

Oleh karena itu, upaya untuk menciptakan kesadaran pajak pada generasi milenial dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi. “Saya berharap melalui pekan panutan pajak, sosialisasi terkait dengan pajak kendaraan bermotor kedepanya para siswa dan siswi dan warga akan mengetahui sepenuhnya akan arti penting kita membayar pajak terutama membayar pajak bagi kendaraan bermotor maupun kendaraan roda empat,” harapnya.

Hadir saat itu Kapolres Bima beserta jajaran Satlantas Polres Kabupaten Bima, pimpinan PT. Bank Syariah Cabang Bima, Pimpinan PT. Jasa Raharja Cabang Bima, Komandan Sub Denpom IX/ 2–2 Bima, Kepala Detasemen A Brimob Wilayah NTB, Camat Woha, Belo, Palibelo, Monta, Kapolsek Woha, Belo, Palibelo, Monta, para Kepala Desa beserta ketua BPD Se-Kecamatan Palibelo, Belo, Woha, Monta, Kepala Sekolah SMA Sederajat di wilayah Kecamatan Palibelo, Belo, Woha, Monta. (MAN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 16
    Shares
To Top