Pemerintahan

Wali Kota:  RT/RW Ujung Tombak Pemberdayaan Masyarakat

H Muhammad Lutfi, SE

Kota Bima,  Bimakini.- Wali Kota Bima,  H Muhammad Lutfi, SE, menegaskan, bahwa RT dan RW merupakan ujung tombak pemberdayaan masyarakat dan sebagai pondasi awal pembangunan.

Oleh sebab itu, Wali Kota menyatakan komitmen untuk memberikan perhatian khusus bagi Ketua RW dan RT di Kota Bima. Salah satunya adalah pemberian insentif tiap bulan yang nilainya meningkat signifikan.

Lanjutnya, Pengurus LPM, Ketua RW dan RT juga merupakan garda terdepan dalam menginformasikan program pembangunan kepada masyarakat. Ada beberapa program prioritas Kota Bima yang diharapkan dapat tersosialisasi dengan baik kepada masyarakat, antara lain normalisasi sungai sebagai bagian dari program rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana. Selain itu, subsidi BPJS bagi warga kurang mampu, serta upaya mewujudkan Kota Bima sebagai smart city.

Hal lain yang menjadi perhatian Pemerintah Kota Bima saat ini, kara dia, adalah rehabilitasi lingkungan. Wali Kota secara khusus mengapresiasi keberhasilan Wali Kota Surabaya dalam mencapai target penurunan suhu di wilayahnya melalui program RTH perkotaan.  Berbagai praktek baik di daerah lain diharapkan dapat diadopsi di Kota Bima.

“Kondisi lingkungan kita saat ini memerlukan keterlibatan kita semua untuk upaya perbaikannya. Kebiasaan membuang sampah di sungai harus dihilangkan,” tegasnya saat silaturrahmi dengan pengurus LPM, Ketua RW dan Ketua RT se-Kota Bima, Rabu (3/4) di Paruga Nae, Convention Hall.

Wali Kota pun berharap Ketua RW dan RT bisa menyampaikan berbagai Peraturan Daerah maupun peraturan Walikota  kepada masyarakat. “Fokus utama kita kedepan adalah percepatan pelayanan kepada masyarakat. Ia berharap niat ini didukung penuh oleh berbagai unsur dengan menjalankan tugas dan fungsinya masing-masing secara optimal,” tegasnya.

Pengurus LPM, serta Ketua RW dan RT diharapkan mampu menjadi sumber data dan informasi yang diperlukan dalam perencanaan dan pengambilan kebijakan Kelurahan, menggugah partisipasi masyarakat dalam pembangunan, serta menjadi mediator dan fasilitator bagi penyaluran aspirasi masyarakat pada tingkat Kelurahan.

Silaturahmi ini digelar Pemkot Bima melalui Bagian AP Setda,  sesuai Peraturan Daerah Kota Bima Nomor 6 Tahun 2013 Tentang Pedoman Pembentukan RT, RW dan LPM Tingkat Kota Bima.

Karena bertepatan dengan peringatan Isra’ Mi’raj, silaturahim turut diisi tausiyah makna Isra’ Mi’raj yang disampaikan oleh Ir. Syamsuddin, MM. Serta sosialisasi terkait retribusi dan pajak daerah yang disampaikan oleh Kepala Kantor Samsat Kota Bima.

Hadir pada kegiatan ini, Sekda Kota Bima Drs. H. Mukhtar, MH, Staf Ahli Walikota Bima Drs. Kaharuddin, Asisten I Setda Kota Bima Drs. H. M. Farid, M.Si, Kepala Kantor Samsat Kota Bima, serta Kepala Badan Kesbangpol dan Kabag Administrasi Pemerintahan Setda Kota Bima.

Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Setda Kota Bima H. Fahruddin, SSos, menjelaskan, tujuan kegiatan ini adalah menanamkan pemahaman kepada pengurus LPM, serta Ketua RW dan RT tentang tugas dan fungsinya ditengah masyarakat.

Selain itu, sebagai upaya mewujudkan dan menjaga trantibmas, khususnya menjelang dan setelah Pemilu 2019. (DED)

Share
  • 14
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top