Pemerintahan

Calon BPD Harus Uji Kompetensi

Hairil Ansyar

Bima, Bimakini.- Agar ada peningkatan kualitas lembaga desa khususnya Badan Perwakilan Desa (BPD), Pemerintah Desa (Pemdes) Rasabou Kecamatan Bolo meminta kepada pemerintah atau DPMDes uji kompetensi terhadap calon anggota. Hal itu perlu dilakukan agar menunjang kinerja BPD sendiri.

Sekretaris Desa (Sekdes) Rasabou, Hairil Ansyar, mengungkapkan, walau pun tidak ada dalam syarat, uji kompetensi calon BPD mestinya dilakukan karena hakikatnya keberadaan BPD harus bisa memberikan kontribusi untuk kemajuan desa.

“Uji kompetensi harus dilakukan. Karena BPD sangat dibutuhkan dalam hal membangun desa. Apalagi mereka mendapat gaji dari pemerintah,” ujarnya.

Kata dia, calon BPD harus mempunyai jiwa sosial yang tinggi, mempunyai komitmen untuk membangun desa serta harus faham terkait regulasi dan tupoksi. “Kita menginginkan BPD yang independen. Bahkan mereka juga harus bisa menyusun Perdes sebagai bentuk perpanjangan tangan masyarakat,” ungkap Hairil.

Sementara itu, Kepala Dusun (Kadus) I, Muslimin H. A. Wahab, mengatakan, sebagai pimpinan wilayah di dusun, menginginkan calon BPD diuji kompetensi. Karena mereka mempunyai amanah atau tanggung jawab terkait nasib warganya.

“BPD itu DPR nya warga masing masing dusun. Sehingga berikan kepada kita selaku pimpinan di dusun untuk melakukan uji kompetensi terhadap mereka,” ucap Muslim.

Lanjut dia, sejauh ini BPD Rasabou belum maksimal kerjanya. Dalam arti kata dia, masih banyak BPD yang tidak faham tupoksi. Sehingga kesannya hanya makan gaji yang bersumber dari pemerintah.

“BPD tidak boleh fakum. Karena mereka perpanjangan masyarakat masing masing dusun,” tutup Muslim. (YAN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 271
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top