Peristiwa

Duga Ada Curang, Warga Ngali Tutup Jalan

Bima, Bimakini.- Puluhan warga Desa Ngali, Kecamatan Belo, Kabupaten Bima menutup jalan lintas Tente-Langgudu dengan batu dan kayu, Senin (6/5) sekitar pukul 10.00 Wita. Itu dilakukan simpatisan Calon DPRD Kabupaten Bima, Nasruddin dari Partai NaeDem, Dapil VI. Mereka merasa dicurangi oleh penyelenggara Pemilu.

Abdul Munir,  perwakilan simpatisan Nasruddin mengatakan,  blokade jalan ini karena caleg yang didukung diduga dicurangi oleh penyelenggara Pemilu. “Kami meminta KPU Kabupaten Bima untuk membuka dan menghitung ulang hasil pleno tingkat PPK Kecamatan Palibelo, karena kami menganggap ada kecurangan,” katanya.

Akibat aksi blokade itu, arus lalu lintas lumpuh total. Mereka sempat mengancam tetap blokade jalan jika tidak mendapat penjelasan dari Bawaslu maupun KPU Kabupatem Bima.

“Kami meminta kepada kepolisian untuk memfasilitasi agar mempertemukan dengan pihak penyelenggara yaitu pihak Bawaslu dan KPU Kabupaten Bima bila tidak maka aksi akan lebih besar,” ancamnya.

Kapolsek Belo Ipda I Kadek sumartha, SH, bersama anggotanya datang ke lokasi menjelaskan sekaligus memberikan imbauan kepada warga supaya membuka kembali jalan. Pihaknya berjanji akan memfasilitasi.

Setelah koordinasi dengan Bawaslu, Kapolsek membawa beberapa perwakilan melakukan pertemuan singkat diruang Komisioner Bawaslu Kabupaten Bima. Mereka membahas indikasi kecurangan yang dilakukan oleh PPK Kecamatan Palibelo pada saat rapat pleno.

“Hasil pertemuan dengan Bawaslu, mereka tidak bisa memberikan tanggapan dan kepastian yang jelas akan melakukan pertemuan lebih lanjut dengan pihak KPU Bima,” kata Kapolsek Belo Kadek.

Masa pun mendatangi Kantor KPU Kabupaten Bima, namun sedang menggelar pleno.

Sepulang dari Kantor kPU Kabupatem Bima, Kapolsek kembali memberikan imbauan dan pemahaman agar bersedia membuka jalan, namun tidak diindahkan. Berkat kerja sama tokoh masyarakat, jalan akhirnya dibuka dan dilalui kendaraan. (MAN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
2
Share
  • 153
    Shares
To Top