Peristiwa

Meski Masuk Musim Kemarau, Sebagian Wilayah Masih Potensi Hujan

Sirya Try Darma Putra, S.Tr

Bima, Bimakini.- Kepala BMKG Bima melalui Bagian Prakirawan Cuaca BMKG Bima, Sirya Try Darma Putra, S.Tr, menjelaskan saat ini sudah masuk musim kemarau. namun masih ada beberapa wilayah yang masih berpotensi terjadi hujan.

“Saat ini sudah masuk musim kemarau, tapi masih ada wilayah yang dalam tahap peralihan antara musim hujan ke musim kemarau untuk wilayah selatan Bima,” katanya, Senin (13/5).

Kata dia, pada awal musim kemarau seperti ini, kecepatan angin dapat mencapai 30 bahkan hingga 45 km per jam. “Kami imbau agar berhati-hati bagi pengendara motor sebab kecepatan angin dapat juga menimbulkan kecelakaan atau pohon tumbang,” ingatnya.

Sementara,  jika kepanasan ini mencapai 33 sampai 34 derajat Celcius, masih cukup normal sampai saat ini.  “Cuaca panas masih normal, karena suhunya masih dibawah angka yang standar,” terangnya.

Musim panas seperti ini,  masyarakat diimbau agar tidak membersihkan lahan dengan cara membakar.  “Kami menghimbau agar masyarakat atau para petani yang mempunyai lahan atau yang menggunakan lahan tersebut agar menyadari dampak bila terjadi pembakaran hutan,” ingatnya.

Sebab, kata dia,  dapat membahayakan diri sendiri, orang sekitarnya dan penerbangan. (MAN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top