Ekonomi

Pasar Ramadan di Kalampa Menjadi Pilihan Warga Sekitar

Suasana pengunjung pasar di Desa Kalampa.

Bima, Bimakini.- Pasar siang Ramadan di Desa Kalampa, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima, menjadi ajang wisata kuliner bagi warga sekitar. Terutama  yang ingin berburu jajanan takjil untuk berbuka puasa.

Pasar Ramadan dibuka di sepanjang gang berukuran tiga meter, memasuki gang itu, pengunjung disambut dengan puluhan lapak dibuat dari tenda darurat.

“Yang datang ke sini bukan warga Desa Kalampa saja, ada juga dari Desa Dadibou, Risa Samili bahkan Donggobolo,” jelas penjual jajanan, Ainun, Rabu (29/5).

Kata Ainun, Pasar di Desa Kalampa ini sudah lama berfungsi sebagai tempat jualan bagi pedagang untuk menyediakan kebutuhan dapur. Selain bulan Ramadan, pasar ini dibuka pada pagi hari saja.

“Selama puasa tidak lagi dibuka pagi hari, kami berjualan mulai diang hari sampai sore untuk mempersiapkan kebutuhan persiapan puasa,” katanya.

Kata dia, sepanjangan gang jalan ini, terdapat lebih dari 20 tenda yang berdiri secara rapi. Jajanan takjil yang dijual cukup beragam mulai dari jenis makanan tradisional hingga modern.

“Pengunjung juga dapat menemukan aneka sayur, minuman dan lauk pauk untuk hidangan berbuka puasa,” ujarnya.

Asiah salah satu penjual sayuran dan lauk pauk juga mengaku membuka lapak di Pasar Siang Ramadhan untuk pengisi waktu selama Ramadan.

“Biasanya jual jajanan takjil juga, tetapi tahun ini jual sayur dan lauk pauk saja,” kata dia sambil menjajakan jualannya.

Sementara Maemunnah salah satu pengunjung menjelaskan, pasar ini mulai dibuka siang hari sampai sore. Saat pulang kerja langsung mampir membeli persiapan untuk berbuka puasa bersama keluarga.

“banyak sekali pengunjung, mereka datang diberbagai Desa, selama bulan ramadhan, pasar ini menjadi pilihan kami ibu-ibu,” jelasnya. (MAN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
3
Share
  • 942
    Shares
To Top