Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Rekapitulasi Dimulai KPU Pastikan Bekerja dengan Data

Bima, Bimakini.- Setelah PPK menyelesaikan rekapitulasi surat suara, kini giliran KPU Kabupaten Bima menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 tingkat Kabupaten Bima. rapat pleno berlangsung di aula kantor KPU, Rabu (1/5).

Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan surat suara, dipimpin Ketua KPU Kabupaten Bima, Imran, SPdI, SH, dihadiri Bupati Bima, Hj Indah Damayanti Putri SE, Ketua Bawaslu, Abdullah SH dan anggota, Pimpinan FKPD serta para PPK se Kabupaten Bima (18 PPK) dan saksi Parpol dan para penghubung Pilpres dan DPD.

Ketua KPU Kabupaten Bima, Imran, SPdI, SH, mengatakan, PPK di 18 Kecamatan sudah melaksanakan rekapitulasi surat suara. Namun dari jumlah itu, masih ada tiga PPK yang sedang menyelesaikan rekapan akhir, yaitu Kecamatan Lambu, Woha dan Madapangga.

“Hari ini (kemarin, Red) kami memulai rekapitulasi hasil penghitungan surat suara Pemilu pada empat kecamatan yaitu Kecamatan Lambitu, Ambalawi, Donggo dan Kecamatan Monta,” katanya saat membuka rapat pleno.

Imran berharap kepada saksi dan petugas rekapitulasi  agar menjaga kesehatannya. Jangan sampai tahapan ini tidak sesuai dengan harapan. “Saya berharap rekapitulasi di KPU ini dilaksanakan dengan jujur dan adil,” ujarnya.

Dia mengaku, pihaknya berkerja berdasarkan dengan data.  Jika ada yang keberatan, maka harus memiliki data pembanding.

“Semua saksi partai dan penghubung harus melengkapi diri dengan data, supaya bisa dibandingkan dengan rekapitulasi petugas kami,” terangnya.

Imran mengapresiasi kerja sama dan dukungan pihak TNI Polisi dan dan Pemerintah,  sehingga bisa menjaga tahapan Pemilu. “Pemilu tingkat Kabupaten Bima berjalan sesuai harapan, terjaga dengan aman dan kondusif, ini semua berkat kerja sama dan dukungan semua lapisan masyarakat terutama TNI Polri dan Pemda,” ungkapnya.

Kata dia, rekapitulasi diawali rekapitulasi perolehan suara PPK Kecamatan Lambitu dan diikuti PPK Kecamatan Lain, berdasarkan jadwal, rekapitulasi dimulai 30 April sampai dengan tanggal 4 Mei 2019. “Untuk tiga PPK yang masih menyelesaikan rekapitulasi, insya Allah semuayan akan berakhir hari ini, sementara untuk semua logistik pemilu semuanya sudah ada di gudang KPU,” pungkasnya. (MAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima,  menggelar rapat pleno terbuka rekepitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2024, Kamis 29 Februari 2024.Untuk mengamankan...

Pemilu Serentak 2024

Dompu, Bimakini.- Lembaga Pemantau Pemilu (LPP) Dompu mendesak pihak berwenang untuk menggali data yang diduga disembunyikan atau dikubur, dengan jumlah mencapai 52 Tempat Pemungutan...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.- Polres Bima memasang kawat barrier di depan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Rabu (28/02/24) sekira pukul  16.00 wita. Hal ini sesuai dengan...

Pemilu Serentak 2024

Dompu, Bimakini.- Lembaga Pemerataan Pembangunan (LPP)  Dompu, msnduga  ada kecurangan pemilu. Hasil Rapat Pleno Kecamatan tidak sesuai dengan C hasil dan Salinan C hasil...

Pemilu Serentak 2024

Bima, Bimakini.- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bima saat ibu tengah memeroses laporan dugaan penggelembungan suara di Kecamatan Donggo, Soromandi dan Ambalawi. Atas laporan...