Pendidikan

SMK 4 Langgudu dapat Bantuan Kapal Latih

Bima, Bimakini.- Kabar bahagia bagi siswa SMK 4 Langgudu Kabupaten Bima, Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB tahun ini memberikan bantuan kapal latih bagi para siswa kelautan.

Jenis kapal bantuan, yaitu Kapal Motor Latih (KML) 34 Geston (GT) yang diperuntukan bagi siswa taruna sekolah setempat dalam melaksanakan praktek kerja di perairan laut.

Kepala SMK 4 Langgudu , H Edy Salkam mengaku,  bantuan KML tersebut berasal dari Pemprov NTB anggarannya bersumber dari dana DAK 2018 dengan nilai Rp 2 miliar lebih. Kapal  disertai dengan alat penangkap ikan, cadangan mesin 1 unit beserta geanseat listrik.

“Bantuan KML tersebut bertujuan untuk melatih siswa taruna, untuk meningkatkan kemampuan dalam menangkap ikan,” ujarnya, Sabtu (18/5).

Dengan adanya bantuan ini kata Edi sangat membantu para siswa taruna dalam bekerja mengoperasikan sistem kapal motor tersebut. Dalam waktu dekat pihak sekolah berencana akan memberangkatkan 3 tenaga pengajar, untuk diutus mengikuti kegiatan Pendidikan dan pelatihan (Diklat) di Kota Mataram.

“Dengan adanya guru pembina yang berkompoten, maka kedepan hasilnya akan melahirkan siswa taruna yang bagus dalam dunia pelayaran,” katanya.

Mantan Wakasek SMAN 1 Kota Bima itu menuturkan, bila telah beroperasi dan dipergunakan dalam menangkap ikan. Maka hasil produksi ikan tersebut, akan didistribusikan dan dipasarkan kepada produsen yang akan membelinya.

“Hasil penjualannya akan disimpan sebagai pendapatan sekolah, dengan menggunakan buku kas. Sehingga hasilnya nanti akan digunakan untuk membantu pembangunan infrastruktur, dan kebutuhan sekolah lainnya,” tutupnya. (DED)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 226
    Shares
Komentari Berita
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Kearifan dalam pemilihan kata yang tidak mengandung pelecehan, intimidasi, dan SARA sangat kami hargai.
To Top