Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Tim Lomba Kelurahan Kunjungi Jatiwangi, Lurah Paparkan Potensi

Tim penilai saat memberi penilaian.

Kota Bima, Bimakini.- Setelah berkunjung dan menilai di Kelurahan Pane dan Kodo, kini tim penilaian lomba kelurahan terintegrasi tingkat Kota Bima bertandang ke Kelurahan Jatiwangi, Kecamatan Asakota.

Tim disambut di halaman kantor  kelurahan setempat, Senin (26/5). Turut hadir Camat Asakota, Suryadi, Ketua Tim Penilai, Ichwanul Muslimin, Lurah Jatiwangi, Muhammad, tokoh masyarakat, serta panitia lomba dari sejumlah OPD.

Lurah Jatiwangi, Muhammad menyampaikan, bahwa wilayahnya terdiri dari 4 lingkungan yang memiliki sejumlah potensi dan khas masing-masing. Seperti pembuatan batu bata, nyiru, kuda dan petani.

“Untuk tim panitia penilai yang telah hadir, perlu diketahui bahwa masyarakat kami merupakan warga ulet, kreatif dan telaten dalam menjalani aktifitas pekerjaan,” ujarnya.

Muhammad menuturkan, dari sejumlah bidang pekerjaan tersebut. Produksi batu bata, nyiru serta kuda telah menjadi investasi besar di wilayahnya. Sehingga hampir sebagian besar masyarakatnya memiliki aktifitas pekerjaan, dalam membantu perekonomian keluarga.

“Untuk produksi Nyiru kini telah Go nasional, karena hasil produksinya selalu dikirim ke sejumlah wilayah di Indonesia. Sedangkan produksi batu bata juga, bisa mampu tembus pasaran di pulau Sumbawa. Tentu ini bisa menjadi penilaian tambahan dari dewan juri,” katanya.

Oleh karena itu, meskipun persiapan terbilang sederhana. Pihaknya bersama masyarakat berharap kepada panitia, agar kelurahannya bisa mewakili Kota Bima dalam ajang lomba yang sama.

Sementara Ketua Tim penilai Ichwanul Muslimin menyampaikan, bahwa pelaksanaan lomba mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015, tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengukur dan menilai, sejauh mana kemampuan dan perkembangan setiap kelurahan di setiap wilayah. Serta pelaksanaan dan program-program pembangunan pemerintah maupun masyarakat, dalam kurun waktu dua tahun sebelumnya. Dimana yang menjadi poin penilaian ada 3, yaitu pemerintahan, kewilayahan dan bidang kemasyarakatan,” tandasnya.

Mantan Lurah Nae itu menambahkan, apa yang telah ditampilkan Kelurahan Jatiwangi tentunya sangat di apresiasi. Hal itu tercermin dari semangat lurahnya luar biasa, bersama masyarakat dalam mempersiapkan diri mengikuti lomba kelurahan ini.

“Harapan kita tentu sama dengan semua peserta lomba lainnya, akan dipercayakan menjadi juara. Tapi kami ingin menegaskan, bahwa penilaian lomba ini dilakukan secara profesional, berdasarkan kesiapan dari perwakilan setiap kelurahan,” tutupnya. (DED)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Pemkot Bima melalui Bagian Administrasi Pembangunan (AP), Selasa (7/3) menyerahkan bantuan stimulan pada Gabungan Kelompok Tani di Kumbe. Bantuan berupa bahan...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi, SE menunaikan janjinya membangu masjid di komplek Kantor Pemkot Bima atas nama almarhum mantan Wali Kota...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Rombongan tim penilai Lomba Kelurahan Terintegrasi Tingkat Provinsi NTB di Kelurahan Rite Kota Bima, Jum’at (22/6) pagi disambut meriah warga. Begitu...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Rombongan tim penilai lomba kelurahan tingkat NTB sudah tiba di Bima untuk penilaian di Kota Bima.  Kelurahan Rite yang menjadi duta...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.-  Untuk ke-5 kalinya secara beruntun Kecamatan Raba menempatkan wakilnya meraih juara umum lomba Kelurahan Terintegrasi tingkat Kota Bima. Tahun  2019 ini,...